Suhartoyo Resmi jadi Ketua MK, Janji Independen dan Buat MKMK Permanen

Ira Guslina Sufa
13 November 2023, 11:00
Suhartoyo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Hakim Konstitusi Suhartoyo memimpin jalannya sidang di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Hakim Suhartoyo resmi menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2023-2028. Pembacaan sumpah berlangsung di gedung MK, Senin (13/11) di hadapan rohaniwan dan ketua dan wakil ketua Majelis Kehormatan MK.

Menurut Suhartoyo kepemimpinannya di MK akan memiliki pekerjaan besar dalam menghadapi pemilu. Terutama setelah lahirnya putusan MK nomor 90/PUU-XXI/2023 yang menambah dalam pasal 169 huruf q mengenai syarat calon presiden dan calon wakil presiden dengan frasa pernah atau sedang menjabat kepala daerah yang dipilih melalui pemilu. 

“Kami telah meneguhkan komitmen bersama untuk saling bahu membahu dalam membangun kepercayaan publik dan marwah konstitusi," ujar Suhartoyo dalam pidato pertama usai dilantik jadi ketua MK. 

Menurut Suhartoyo kepercayaan publik menjadi penting bagi MK terutama dalam menghadapi pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2024 mendatang. Ia menyebut sebagai pengawal konstitusi MK akan bertindak independen dalam memutus sengketa pemilu. 

Sebelumnya, putusan MK mengenai batas usia capres menuai kontroversi lantaran memuluskan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Adapun Gibran adalah keponakan kandung istri Anwar Usman yang menjabat Ketua MK saat itu. Anwar Usman dan sembilan hakim MK kemudian dilaporkan ke Majelis Kehormatan MK atas dugaan pelanggaran etik. 

Dalam putusan yang dibacakan Selasa (7/11) MKMK menetapkan Anwar Usman terbukti melanggar etik berat sehingga diberhentikan dari jabatan ketua lantaran terlibat konflik kepentingan dalam memutus perkara. Adapun 8 hakim lainnya dikenakan sanksi ringan berupa teguran atas adanya pembiaran. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...