Amar Bank Tumbuh 193% di Kuartal III, Cetak Laba Rp162,1 Miliar

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
13 November 2023, 14:50
Amar Bank Tumbuh 193% di Kuartal III, Cetak Laba Rp162,1 Miliar
Katadata

PT Bank Amar Indonesia Tbk, bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, mengumumkan kinerja keuangan yang solid untuk kuartal III 2023. Amar Bank berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 162,1 miliar, tumbuh 193,8% secara tahunan (year-on-year); sebuah prestasi mengesankan di tengah persaingan ketat dalam industri perbankan digital. Prestasi ini mencerminkan dedikasi Amar bank terhadap filosofi bahwa ‘teknologi harus memberikan dampak positif dan memperbaiki kehidupan’.

Vishal Tulsian, Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk, mengatakan Amar Bank mencatat pendapatan operasional sebesar Rp 932,6 miliar pada kuartal III 2023, menandai peningkatan yang substansial sebesar 36,6% year-on-year.

“Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan non-bunga yang konsisten, serta pengelolaan biaya yang optimal. Selain itu, strategi penyaluran kredit yang lebih prudent turut berperan penting pada peningkatan profitabilitas,” kata Vishal dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).

AMAR tetap berkomitmen dalam mendukung segmen UMKM yang memberikan kontribusi 53% dari total kredit. Memahami akan pentingnya peran UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, terutama melalui kontribusinya yang signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara, dukungan ini merupakan cerminan dari kebanggaan Amar Bank menjadi bagian dari kisah pertumbuhan UMKM.

Komitmen Amar Bank dalam menjalankan responsible banking juga tercermin dalam keberhasilan mempertahankan dana pihak ketiga (DPK) pada tingkat yang stabil dan memuaskan. Current Account and Saving Account (CASA) berkontribusi 24% dari total DPK dengan jumlah mencapai Rp 826 miliar. Seiring dengan bertumbuhnya jumlah nasabah, Amar Bank berfokus untuk terus memperkuat posisi CASA.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...