Profil Iriana, Sosok yang Diisukan Mendorong Gibran Maju Jadi Cawapres

Image title
20 November 2023, 16:06
profil iriana
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Dhoni Setiawan/aww.
Ilustrasi, Ibu Iriana Joko Widodo (kiri) berjalan bersama (dari kiri) Ibu Ritu Banga, Ibu Jodie Haydon, Ibu Louise Araneta Marcos, Ibu Ho Ching, Ibu Vandala Siphandone dan Ibu Kishida Yuko saat rangkaian Spouse Program KTT ASEAN 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Sosok Iriana Jokowi tiba-tiba menjadi topik perbincangan. Istri Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut diisukan sebagai orang yang mendorong pencalonan anaknya, Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wakil presiden atau cawapres.

Gibran telah membantah kabar Iriana campur tangan untuk memuluskan jalannya menjadi cawapres.  "Enggak itu. Enggak juga. Yang tentang Ibu itu saya kira hanya gosip saja. Enggak perlu dibesar-besarkan," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11).

Dalam laporan Tempo, Iriana disebut-sebut sebagai sosok yang menggagas pencalonan Gibran sebagai cawapres yang mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Ibu Negara juga diisukan melobi keluarga besarnya untuk mendukung Gibran.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini ulasan singkat mengenai profil Iriana, terkait dengan pendidikannya, serta perkenalannya dengan Jokowi, dilansir dari berbagai sumber.

Masa Kecil dan Pendidikan Iriana

Iriana lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1963 dari pasangan Ngadiyo dan Sri Sunarni. Ia diketahui berasal dari latar belakang keluarga yang berprofesi sebagai guru.

Kedua orang tua nya serta kakeknya merupakan guru. Nama Iriana sendiri diberikan oleh sang kakek yang pernah menjadi seorang guru di Irian Jaya.

Iriana mengenyam pendidikan di SMA Negeri 3 Surakarta dan lulus pada 1983. Selepas menamatkan pendidikan menengah tersebut, ia melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meski demikian, ia tidak menyelesaikan studi di jenjang pendidikan tinggi, karena hanya menempuh studi selama enam semester atau tiga tahun. Iriana lebih memilih menikah dengan Joko Widodo dan mendampingi sang suami memulai karir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...