Top News: Demonstrasi Driver Taksi Online, Jubir JK Batal Dukung Anies

Aryo Widhy Wicaksono
23 November 2023, 05:50
Demo pengemudi taksi online di Kemenhub, Rabu (22/11/2023)
Katadata/Desy Setyowati
Demo pengemudi taksi online di Kemenhub, Rabu (22/11/2023)

Pengemudi taksi online menggelar demonstrasi di depan kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk menuntut agar pemerintah membuat kebijakan terkait kenaikan tarif.

Selain itu, memperbarui aturan guna meningkatkan kesejahteraan para pengemudi atau driver taksi online.

Mereka berharap pemerintah mau menyesuaikan tarif agar berimbang dengan inflasi dan mengikuti perkembangan harga barang.

Unjuk rasa para driver taksi online ini menjadi salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain demonstrasi driver taksi online, ketahui juga daftar 17 perwira TNI calon KSAD.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Ribuan Driver Taksi Online Demo di Kemenhub Minta Kenaikan Tarif

Pengemudi taksi online berunjuk rasa di Kementerian Perhubungan atau Kemenhub terkait kenaikan tarif. Mereka juga meminta Pemerintah memperbarui regulasi guna meningkatkan kesejahteraan driver online.

Unjuk rasa digelar pada pukul 10.00 WIB di kantor Kemenhub. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, ada ratusan pengemudi taksi online yang berunjuk rasa di Kemenhub menggunakan kendaraan roda empat.

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Armada Sewa Indonesia (PAS INDONESIA) Wiwit Sudarsono menyampaikan ada sekitar 1.000 pengemudi taksi online yang berdemo di Kemenhub hari ini. "Menuntut penyesuaian tarif angkutan sewa khusus atau taksi online," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (22/11).

Pada sekitar pukul 11.30 WIB, perwakilan Kemenhub menemui peserta aksi. Perwakilan ini meminta waktu seminggu untuk mengkaji tuntutan para pengemudi taksi online.

2. Driver Taksi Online Demo soal Tarif dan Dampak Harga BBM Naik

Pengemudi taksi online berunjuk rasa di Kementerian Perhubungan atau Kemenhub. Demo ini terkait permohonan agar tarif naik dan dampak kenaikan harga BBM alias bahan bakar minyak.

Tuntutan yang disampaikan dalam demo taksi online di Kemenhub kali ini yakni penyesuaian tarif.

“Sudah dua tahun kami mengajukan penyesuaian tarif taksi online , terutama sejak kenaikan harga BBM,” ujar Wiwit. Harga BBM naik pada awal September tahun lalu, diikuti dengan kenaikan tarif ojol alias ojek online. “Namun tarif taksi online belum ada keputusan dari Kemenhub.

Yang kami minta yakni tarif batas bawah di luar biaya layanan dan potongan aplikator,” Wiwit menambahkan. Pada sekitar pukul 11.30 WIB, perwakilan Kemenhub menemui peserta aksi. Perwakilan ini meminta waktu seminggu untuk mengkaji tuntutan para pengemudi taksi online.

3. Jubir Jusuf Kalla Batal Bergabung dengan Timnas Anies - Muhaimin

Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) baru saja mengumumkan tambahan timnya Selasa kemarin (21/11).

Salah satu nama yang muncul di daftar ini adalah Juru Bicara Jusuf Kalla, Husain Abdullah alias Uceng.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...