Jokowi Datangi Papua, Resmikan Dua Bandara dan Kampung Nelayan

Muhamad Fajar Riyandanu
23 November 2023, 16:38
Suasana Bandara Siboru, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.
ANTARA/HO-BKIP Kemenhub
Suasana Bandara Siboru, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Bandara Siboru Fakfak, Papua Barat, dan Bandara Douw Aturure Nabire, Papua Tengah, Kamis (23/11). Selain itu, Jokowi juga meresmikan Kampung Nelayan Modern di Desa Samber Binyeri, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Presiden Jokowi mengatakan akses transportasi di Tanah Papua tidak mudah, sebab masih banyak daerah yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Tak jarang, masyarakat memerlukan waktu tempuh selama berjam-jam bahkan ada yang sampai berhari-hari untuk sampai ke suatu daerah.

Perkembangan sektor pembangunan dan ekonomi di Tanah Papua yang meningkat membutuhkan fasilitas dan sarana transportasi yang lebih baik.

"Bandara Siboru dan Bandara Douw Aturure yang kita resmikan pada hari ini akan meningkatkan konektivitas di Papua, meningkatkan mobilitas orang, meningkatkan mobilitas barang, dan membuka banyak peluang untuk memicu tumbuhnya ekonomi ekonomi baru, usaha-usaha baru," ujarnya, hari ini.

Bandara Siboru akan menjadi jembatan udara di wilayah Papua Barat untuk menghubungkan Fakfak, Sorong, Timika, Kaimana, Amahai, Dobo, Bintuni, dan sejumlah daerah lainnya.

Adapun Bandara Douw Aturure yang berada di Provinsi Papua Tengah juga menghubungkan Nabire dengan beberapa kota di Papua seperti Timika, Manokwari, dan Jayapura.

"Saya minta pemerintah daerah, masyarakat bisa memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya, memanfaatkan akses yang semakin terbuka untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah kita ini," katanya.

Jokowi Singgung Cold Storage Raksasa yang Terbengkalai

Presiden Jokowi juga meresmikan Kampung Nelayan Modern di Desa Samber Binyeri, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Jokowi menyinggung sejumlah infrastruktur kampung nelayan serupa yang operasionalnya terhenti karena manajemen pelaksana yang kurang optimal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...