Freeport Berencana Bangun Smelter Baru di Fakfak Papua

Mela Syaharani
14 November 2023, 10:52
smelter, freeport
Arief Kamaludin | Katadata
PT Freeport Indonesia disebut berencana membangun smelter baru di Fakfak, Papua.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir menyebut Freeport McMoran berencana membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) di Fakfak Papua.

“Hal-hal ini sangat positif untuk terus meningkatkan investasi dari luar negeri untuk pembukaan lapangan kerja di indonesia sendiri seperti yang dicita-citakan oleh bapak presiden,” kata Erick selepas mendampingi Presiden Joko Widodo di Washington DC yang dikutip pada Selasa (14/11).

Erick mengungkap pembangunan smelter ini merupakan salah satu upaya mendorong investasi Indonesia dari Amerika Serikat (AS). Terlebih dengan porsi BUMN yang saat ini sudah menguasai 51% saham Freeport.

“Ini investasi yang memang kita hilirisasi, dari yang awalnya murni pertambangan emas dan copper, sekarang mulai diturunkan industrialisasinya,” ungkap Erick.

Erick menyebut saat ini investasi Amerika di Indonesia sudah menduduki posisi keempat dan ini merupakan kejadian pertama bagi Indonesia. Dia juga mengatakan hubungan perdagangan Indonesia dan AS terus mengalami peningkatan saat ini.

“Kalau kita lihat apalagi perdagangan kita dengan Amerika sudah mencapai hampir US$ 16 miliar dan pertumbuhan beberapa tahun terakhir itu cepat,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...