Top News: TikTok Dikabarkan Gandeng GOTO, 4 Jalan Tol Baru Tahun Ini

Aryo Widhy Wicaksono
27 November 2023, 05:40
Ilustrasi aplikasi TikTok
Unsplash
Ilustrasi aplikasi TikTok

Kabar mengenai kerja sama antara Tiktok dengan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), untuk membentuk perusahaan patungan atau joint venture kembali berembus. Perusahaan berbagi video pendek asal Cina itu dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menanamkan investasinya ke GoTo.

Jika jadi kenyataan, transaksi kedua perusahaan tersebut bisa mencapai Rp 610 triliun di pasar Asia Tenggara.

Advertisement

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan TikTok mendekati lima e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan sebuah perusahaan milik CT Corp sebagai upaya TikTok kembali memasuki pasar Indonesia.

Kabar mengenai upaya TikTok untuk kembali ke pasar Indonesia melalui GoTo Gojek Tokopedia menjadi salah satu artikel terpopuler pada akhir pekan ini, dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id.

Selain itu, ketahui juga bagaimana empat jalan tol baru yang akan rampung pembangunannya akhir tahun ini, serta cerita mantan pimpinan KPK Erry Riyana saat membahas pencalonan Gibran bersama Presiden Jokowi.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. TikTok Dikabarkan Gabung Tokopedia, Transaksi Diramal Rp 610 Triliun

TikTok dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam bentuk perusahaan patungan atau joint venture. Jika benar, transaksi keduanya bisa mencapai Rp 610 triliun di Asia Tenggara.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, TikTok mendekati lima e-commerce termasuk Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan milik CT Corp. Ini dalam rangka upaya perusahaan Cina itu kembali ke Indonesia.

"Saya tahu ada tiga e-commerce yang sudah dihubungi TikTok. Saya tahu bukan dari TikTok, tapi dari mereka yang dihubungi," ujar Teten di Jakarta, Kamis (22/11). Oleh karena itu, Teten optimistis TikTok Shop akan segera hadir di Indonesia.

TikTok pun dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam bentuk perusahaan patungan. Sumber Bloomberg menyampaikan bahwa TikTok sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi pada Tokopedia.

2. TikTok Dikabarkan Bakal Gandeng GOTO Gojek Tokopedia, Apa Untungnya?

TikTok dikabarkan mempertimbangkan untuk berinvestasi di GoTo Gojek Tokopedia dalam bentuk perusahaan patungan alias joint venture. Langkah ini dinilai dapat memenangkan hati Pemerintah Indonesia.

Direktur Ekonomi Digital dan Ekonom CELIOS Nailul Huda mengatakan bila kedua entitas bergabung akan banyak manfaat yang diperoleh oleh keduanya. Ia menyebut TikTok dengan ekosistem media sosialnya akan memberikan dampak positif jika bergabung dengan GoTo, terutama untuk Tokopedia.

"Terbukti kemarin sebelum ditutup, besaran commerce di TikTok melebih nilai dari Bukalapak dan sama dengan Lazada," kata Nailul kepada Katadata.co.id, Jumat (24/11).

Menurutnya, TikTok hanya kalah dari Shopee dan Tokopedia. Menurut Nailul, bila TikTok bergabung dengan Tokopedia itu akan menjadi pesaing serius antara Tokopedia Play dan Shopeelive. Alasannya Tokopedia bisa memanfaatkan kekuatan dari media sosial TikTok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement