Ganjar: Pemilih Pemula Lebih Tertarik Gimik Dibanding Visi Misi Calon

Ade Rosman
30 November 2023, 11:52
Ganjar pranowo
ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/nym.
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) berdialog dengan dengan generasi Z dan milenial di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (26/11/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berpandangan saat ini pemilih terutama yang diklasifikasi sebagai pemilih pemula lebih tertarik pada gimik politik daripada gagasan. Hal itu ia sampaikan Ganjar  dalam acara capres 2024 bicara pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kantor PWI Pusat, Jakarta Pusat, Kamis (30/11).

"Banyak teman-teman media ketika bertanya kepada saya, 'apa visi misinya, apa programnya' dan seterusnya. Itu di kalangan pemilih apa lagi pemilih pemula itu gak terlalu tertarik. Yang tertarik lebih pada gimik," kata Ganjar.

Padahal, kata Ganjar, di sisi lain para peneliti dan pemerhati menyatakan bagaimana agar demokrasi bisa berjalan secara substansi dan prosedural. Sehingga kemudian para kandidat bisa menyampaikan gagasan pokoknya setelah melihat kondisi dan menjadi solusi nantinya.

"Saya khawatir kalau setiap memimpin baru, kemudian punya visi sendiri dan kemudian berbeda dengan konstitusi, bengkak-bengkok itu," kata Ganjar.

Dia lalu bercerita terkait peristiwa 1998 yang ia sebut sebagai momen penting bagi sejarah bangsa Indonesia. Saat itu, Presiden kedua RI Soeharto mengumumkan berhenti dari jabatannya sebagai kepala negara setelah 32 tahun berkuasa. Turunnya Presiden Soeharto pada peristiwa 21 Mei 1998 itu menjadi tonggak awal Indonesia memasuki era reformasi.

"Saya akan memulai dari cerita 98 saja, karena peristiwa 98 itu penting. Itulah yang menjadi cita-cita dari seluruh perbaikan yang ada di bangsa dan negara ini," ujar Ganjar.

Di sisi lain, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan, PWI mengundang ketiga kandidat calon presiden untuk berdialog. Dialog dengan pasangan capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Ganjar Pranowo akan digelar berikutnya. 

"Kami mengundang tiga calon presiden, capres nomor tiga, cepat tanggap, sehingga mendapat kesempatan yang pertama," kata Hendry. 

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024. Adapun jadwal kampanye akan digelar pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan jadwal pemungutan suara akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...