Mantan Menlu AS Henry Kissinger Meninggal, Ini Jejak Kontroversinya

Ameidyo Daud Nasution
30 November 2023, 15:09
Henry Kissinger, amerika serikat, perang dingin
Antara
Henry Kissinger (kanan) saat bertemu mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev di New York pada 29 April 2013. Foto: Antara.

Henry Kissinger, mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat pada era Perang Dingin meninggal dunia pada Rabu (29/11). Kissinger meninggal pada usia 100 tahun di rumahnya yang berada di Connecticut.

Dikutip dari Reuters, kabar tersebut disampaikan konsultan geopolitik milik Kissinger yakni Kissinger Associates Inc. Peraih Nobel perdamaian yang kontroversial itu akan dimakamkan pada upacara keluarga, disusul peringatan publik di New York.

Sebelum meninggal, ia masih kerap menghadiri pertemuan di Gedung Putih hingga memberikan kesaksian di depan Senat soal ancaman nuklir Korea Utara. Kissinger juga melakukan kunjungan ke Beijing untuk bertemu Presiden Cina Xi Jinping.

Kissinger menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS pada 1973 hingga 1977. Selain itu ia juga pernah menjadi Penasihat Keamanan Nasional AS pada 1969 hingga 1975.

Selama masa Perang Dingin, ia banyak terlibat dalam banyak peristiwa global yang mengubah zaman. Kissinger membuka hubungan diplomatik AS dengan Cina, perundingan pengendalian senjata AS dengan Uni Soviet, perluasan hubungan antara Israel dan negara tetangganya, hingga Perjanjian Damai Paris dengan Vietnam Utara.

Kuasa Kissinger sebagai arsitek utama kebijakan luar negeri AS mulai pudar seiring pengunduran diri Presiden Richard Nixon akibat skandal Watergate. Meski demikian, ia tetap memberikan masukan diplomatik kepada penerus Nixon yakni Gerald Ford.

Meski banyak pujian atas pengalaman Kissinger, ia juga dicap sebagai penjahat perang atas dukungan terhadap diktator antikomunis terutama di Amerika Latin.

Salah satu hal yang paling kontroversial adalah hadiah Nobel Perdamaian pada 1973 yang diberikan kepadanya dan diplomat Vietnam Utara Le Duc Tho. Dua anggota Komite Nobel sampai mundur karena muncul pertanyaan tentang pemboman rahasia AS di Kamboja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...