Jokowi Ajak Singapura Jadi Tuan Rumah Bersama Piala Dunia U-20 2025

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Desember 2023, 17:03
jokowi, piala dunia, singapura
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto saat menghadiri penyerahan sertifikat tanah dan peluncuran sertifikat tanah elektronik di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak Singapura menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025-2029.

Jokowi juga meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyampaikan niat tersebut kepada Singapura. Nantinya, kedua negara akan mengajukan bidding atau penawaran calon tuan rumah Piala Dunia U-20 dan U-17 kepada FIFA.

Advertisement

"Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk dua turnamen," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (4/12).

Saat ini, pemerintah telah menyelesaikan renovasi terhadap 22 stadion sepak bola sebagai modal bidding calon tuan rumah Piala Dunia U-20 dan U-17. PSSI juga telah menyepakati nota minat atau declaration of interest bersama otoritas sepak bola Singapura alias Football Association of Singapore.

Jokowi mengatakan pengajuan bidding calon tuan rumah Piala Dunia U-20 dan U-17 bertujuan untuk menarik dampak positif dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Surabaya, Jawa Timur.

"Berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia, juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata bagi negara kita," ujar Jokowi.

Timnas Jerman juara Piala Dunia U-17 2023
Timnas Jerman juara Piala Dunia U-17 2023 (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.)

Adapun ajang dua tahunan yang diikuti oleh 24 negara konsestan itu digelar sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.  Piala Dunia U-17 di Indonesia berlangsung di Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Surakarta, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Penyelenggaran Piala Dunia U-17 di Indonesia menampilkan Jerman sebagai pemenang usai mengalahkan Prancis lewat adu penalti dengan skor akhir 4-3 yang digelar di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (2/12).

Indonesia awalnya mendapatkan status tuamn rumah Piala Dunia U-20 tahun ini. Meski demikian, FIFA memutuskan untuk memindahkan tuan rumah kepada Argentina usai muncul penolakan terhadap Timnas Israel.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement