DPR Setujui 7 Calon Hakim Agung Bertugas di MA, Ini Daftar Namanya

Ade Rosman
5 Desember 2023, 12:36
DPR
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Ketua DPR Puan Maharani (kanan) menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui 7 Hakim Agung pada Mahkamah Agung dalam rapat paripurna ke-10 penutupan masa persidangan II tahun sidang 2023-2024 yang digelar Selasa (5/12). Persetujuan diperoleh setelah Wakil Ketua Komisi III Habiburokhman membacakan laporan Komisi hukum terkait proses seleksi para Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc HAM pada Mahkamah Agung.

"Laporan Komisi III DPR RI mengenai uji kelayakan calon Hakim Agung dan calon Hakim Ad Hoc HAM pada Mahkamah Agung RI tahun 2023 dalam rapat paripurna DPR RI, selasa 5 Desember 2023," kata Habiburokhman.

Pada rapat paripurna tersebut Habiburokhman memaparkan tahapan uji kelayakan terhadap 8 orang calon Hakim Agung dan 3 orang calon Hakim Ad Hoc HAM pada Mahkamah Agung. Menurut dia pada 1 November 2023, Komisi III telah melaksanakan rapat pleno untuk membahas tahap uji kelayakan.

"Di antaranya, membahas rancangan mekanisme dan tata tertib; rancangan jadwal; rancangan pengumuman di media cetak; dan rancangan judul makalah," kata Habiburokhman.

Kemudian, dalam pelaksanaan uji kelayakan telah diumumkan nama-nama calon hakim di surat kabar nasional. Pengumuman nama ditujukan untuk mendapat masukan dari masyarakat luas.

Lalu, tambah Habiburokhman, pada 20 November 2023, dilakukan pengambilan nomor urut oleh para calon. Selanjutnya tahapan dilanjutkan dengan pembuatan makalah yang ditujukan untuk mengetetahui mengenai visi dan misi apabila calon terpilih.

"22-23 november 2023, Komisi III DPR RI melaksanakan uji kelayakan terhadap 8 orang calon Hakim Agung dan 3 orang calon hakim Ad Hoc HAM pada Mahkamah Agung kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno Komisi III DPR RI," katanya.

Hal itu dilakukan untuk mendengarkan pendapat dan pandangan fraksi-fraksi dalam memutus nama calon hakim tersebut.

Adapun, nama-nama Hakim Agung yakni sebagai berikut:

1. Achmad Setyo Pudjoharsoyo sebagai hakim agung kamar pidana 
2. Ainal Mardhiah sebagai hakim agung kamar pidana
3. Noor Edi Yono sebagai hakim agung kamar pidana 
4. Sigid Triyono sebagai hakim agung kamar pidana 
5. Sutarjo sebagai hakim agung kamar pidana 
6. Yanto sebagai hakim agung kamar pidana 
7. Agus Subroto sebagai hakim agung pada kamar perdata

"Demikian laporan Komisi III DPR RI mengenai hasil uji kelayakan calon Hakim Agung dan calon Hakim Ad Hoc HAM pada Mahkamah Agung tahun 2023, dan selanjutnya kami serahkan pada rapat paripurna ini guna mendapatkan persetujuan," kata Habiburokhman.

Kemudian, Ketua DPR RI Puan Maharani pun lalu meminta persetujuan dari peserta rapat.

"Apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan calon Hakim Agung dan calon Hakim Ad Hoc HAM pada Mahkamah Agung RI tersebut dapat disetujui?" Kata Puan diikuti pertujuan peserta rapat paripurna. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...