Mutasi Besar-besaran, Kapolri Ganti 5 Kapolda dan Tunjuk Kadensus Baru

Ira Guslina Sufa
8 Desember 2023, 07:12
Kapolri
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) bersama Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memutasi dan merotasi 535 personel baik dari tingkat perwira menengah maupun perwira tinggi. Mutasi dan rotasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2749/XII/Kep./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023. 

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang menandatangani surat mengatakan mutasi merupakan hal yang lumrah dalam organisasi polri. Ia menyebut pergantian dilakukan kepada personel yang memasuki masa purna bakti atau pensiun. 

Advertisement

“Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas," kata Dedi seperti dikutip Jumat (8/12). 

Dari 535 personel itu, terdapat lima kepala kepolisian daerah yang mengalami pergantian pimpinan. Mereka adalah Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Kalimantan Selatan, Kapolda Nusa Tenggara Timur, Kapolda Papua Barat dan Kapolda Kepulauan Riau.

Kapolda Sulsel yang saat ini dijabat Irjen Pol. Setyo Budi Moempoeni Harso diganti Irjen Pol. Andi Rian Djajadi yang saat ini menjabat Kapolda Kalsel. Adapun jabatan Kapolda Kalsel digantikan oleh Irjen Pol. Winarto yang saat ini menjabat Pati Baintelkam Polri.

Lalu Kapolda NTT Irjen Pol. Johanis Asadoma dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri. Penggantinya yaitu Irjen Pol. Daniel Tahi Monang yang kini menjabat Kapolda Papua Barat.

Pengganti Irjen Pol Daniel sebagai Kapolda Papua Barat yakni Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir yang kini menjabat Karojianstra Sops Polri. Jabatan Kapolda Kepri yang kini dijabat Irjen Pol. Tabana Bangun digantikan oleh Brigjen Pol. Yan Fitri Halimansyah yang saat ini menjabat Karosundokinfokum Divkum Polri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement