Anies Nilai Target Energi Terbarukan 23% pada 2025 Mustahil Tercapai

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Desember 2023, 16:17
anies, ebt, energi terbarukan
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyapa warga dari Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2023).

Calon Presiden (capres) Anies Baswedan menganggap upaya pemerintah untuk mewujudkan porsi target bauran energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025 merupakan misi mustahil. Perhitungan tersebut merujuk pada bauran EBT yang saat ini yang masih berada di kisaran 12,8%.

Mengutip catatan Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Anies menyebut pembelian listrik PLN saat ini mayoritas  berasal dari sumber energi fosil seperti batu bara, bahan bakar minyak dan gas.

"Mengejar 11% dalam waktu dua tahun itu mission imposible," kata Anies dalam acara 'Dialog Capres Bersama Apindo' di Menara Bank Mega, Senin (11/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menganggap upaya pemerintah saat ini dalam mengejar komitmen bauran EBT saat ini cenderung konservatif. Menurutnya, inisiatif pemerintah untuk menjalankan transisi energi layaknya mahasiswa semester akhir yang tengah tancap gas mengejar ketertinggalan SKS.

"Kalau di awal sudah tidak benar, di ujung tak mungkin bisa dikebut," ujar Anies.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...