Anies Sentil Gibran dalam Debat: Ribuan Milenial Lain Termarjinalkan

Ameidyo Daud Nasution
12 Desember 2023, 19:53
anies, gibran, debat
Visi Misi Indonesia Maju 2024
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Foto: Visi Misi AMIN

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mendapatkan giliran pertama berbicara dalam debat calon presiden. Dalam pemaparan visi misi, Anies menyinggung salah seorang calon wakil presiden yakni Gibran Rakabuming Raka.

Anies menyinggung saat ini ada seorang milenial yang bisa menjadi calon wakil presiden. Meski demikian, nasib baik milenial tersebut beda dengan ribuan orang seusianya.

"Ada satu orang milenial bisa jadi cawapres, tapi ada ribuan milenial dan generasi Z yang peduli pada anak bangsa malah termajinalkan ketika mengungkapkan pendapat," kata Anies saat debat di KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Anies mengatakan mengatakan saat ini aturan banyak yang ditekuk sesuai dengan pemegang kuasa. Oleh sebab itu, ia berjanji hal ini tak akan dilanjutkan lagi.

"Apakah ini akan diteruskan? ini harus diubah," katanya.

Ia juga berjanji hukum akan menjadi pegangan utama jika berkuasa. Apalagi menurutnya, hukum saat ini bengkok dan hanya tajam ke bawah.

"Dia tajam ke bawah tumpul ke bawah, ini harus diubah," katanya.

Adapun tema debat ini adalah hukum, pelayanan publik, hingga pemerintahan. Nantinya para calon presiden akan beradu debat usai memaparkan visi dan misi mereka.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...