5 Fakta Terkait Pengungsian 1.684 Orang Rohingya di Aceh

Yuliawati
Oleh Yuliawati
13 Desember 2023, 18:05
Sejumlah imigran etnis Rohingya berdoa bersama saat berada di depan pagar Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Aceh, Senin (11/12/2023).
ANTARA FOTO/Khalis Surry/YU
Sejumlah imigran etnis Rohingya berdoa bersama saat berada di depan pagar Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Aceh, Senin (11/12/2023).

Masyarakat Aceh menolak ribuan pengungsi etnis Rohingya yang berdatangan melalui jalur laut. Berdasarkan data pemerintah Aceh sekitar 1.684 orang Rohingya tiba di Indonesia sejak November lalu.

Salah satu warga Aceh, Ella Saptia (27) mengatakan komunitasnya bersimpati. Namun, “masih banyak orang miskin di sini,” kata Ella, dikutip dari Reuters, Selasa (12/12). Dia heran mengapa masyarakat Aceh perlu menangani ribuan warga Rohingya.

Pada November hingga April, ketika laut lebih tenang, kedatangan pengungsi cenderung meningkat. Warga Rohingya naik perahu ke negara tetangga seperti Thailand, Indonesia, dan Malaysia, yang mayoritas penduduknya adalah Muslim.

Presiden Indonesia Joko Widodo menyatakan peningkatan kedatangan Rohingya baru-baru ini disebabkan oleh perdagangan manusia. Dia juga berjanji untuk bekerja sama dengan organisasi internasional untuk menyediakan tempat tinggal sementara.

1. Ribuan Pengungsi Rohingya Tersebar di Banyak Lokasi

Pemerintah Provinsi Aceh menyebut jumlah pengungsi etnis Rohingya hingga saat ini di provinsi paling barat Indonesia itu berjumlah 1.684 orang. Pengungsi itu tersebar di delapan titik penampungan.

Ribuan pengungsi etnis Rohingya tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota seperti Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie, dan Kota Lhokseumawe.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan pemerintah daerah memberikan bantuan kemanusiaan dan lokasi penampungan sesuai Perpres Nomor 125 Tahun 2016.

Selain itu lembaga internasional seperti UNHCR, IOM, juga memberikan bantuan kemanusiaan. "Ada kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan, misalnya sanitasi, masalah MCK, kesehatan, rumah ibadah dan lain-lain," ujar Achmad Marzuki.

2. Bakal Ditampung di Satu Lokasi

UNHCR berupaya menempatkan semua pengungsi etnis Rohingya di Aceh di satu tempat penampungan untuk memudahkan penanganan.

Rencananya, UNHCR, IOM dan pemerintah daerah akan menempatkan Rohingya di satu lokasi untuk memperkecil sebaran titik penampungan Rohingya sehingga memudahkan penanganan.

Saat ini, para pengungsi Rohingya tersebut tersebar di beberapa wilayah seperti Kota Sabang, Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Bireuen.

3. Aceh Terdekat dari Myanmar

Aceh adalah wilayah Indonesia terdekat ke Myanmar. Untuk mencapai Aceh, seseorang harus berlayar sejauh 3.500 km dan mengarungi Laut Benggala dan Laut Andaman.

Sebelum mencapai Aceh, sebenarnya ada Kepulauan Andaman milik India dan pantai barat Thailand serta pantai utara Malaysia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...