Rekap Kunjungan Jokowi Ke Jatim, Resmikan Pasar hingga Smelter Tembaga

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Desember 2023, 21:30
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) meresmikan ekspansi p
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) meresmikan ekspansi proyek smelter PT Smelting di Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Presiden Joko Widodo mengapresiasi PT Smelting untuk mendukung hilirisasi industri di Indonesia sekaligus menambah kapasitas pengolahan konserat tembaga smelter dari 1 juta metrik ton menj

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan kunjungan kerja atau kunker ke Jawa Timur pada Kamis (14/12). Pada rangkaian kegiatan tersebut, Jokowi meresmikan tiga proyek infrastruktur berupa pasar induk, tempat pembuangan akhir hingga smelter tembaga.

Berikut rangkuman kunjungan kerja Jokowi ke sejumlah daerah di Jawa Timur:

1. Pasar Among Tani, Kota Batu
Jokowi mengawali rangkaian kunjungan kerja di Jawa Timur dengan meresmikan operasional Pasar Among Tani di Kota Batu. Proyek yang dibangun menggunakan dana APBN senilai Rp 166 miliar ini berdiri di atas lahan seluas 3,4 hektar.

Kepala negara menyebut pasar modern tiga lantai ini sanggup menampung 2.700 kios dan los, baik di zona basah, zona kering maupun zona kuliner. Lantai pertama merupakan area basah dengan luas 14.990 meter persegi, kemudian lantai dua zona kering seluas 14.143 meter persegi.

Sementara lantai tiga Pasar Among Tani dikhususkan untuk sentra kuliner dengan luas mencapai 6.032 meter persegi.

"Pasar ini dibangun sejak 2021 dan telah selesai, bisa dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan kembali," kata Jokowi, dikutip dari siaran pers di Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis (14/12).

2. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Kota Malang
Jokowi melanjutkan agenda kedua di Jawa Timur dengan meresmikan aktivitas TPA Supit Urang, Kota Malang. Pembangunan TPA yang terletak di Kecamatan Sukun menelan anggaran Rp 237 miliar.

TPA Supit Urang berdiri di lahan seluas 5,2 hektare dengan kapasitas penampungan 726.000 meter kubik. Proyek di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini dilengkapi dengan fasilitas pengolahan sampah berdaya tampung 450 ton per hari.

Di lokasi tersebut, Jokowi juga meresmikan dua TPA lainnya, yakni TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...