Format Debat Cawapres Dirumuskan Hari Ini, KPU dan Tim Sukses Bertemu

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Desember 2023, 12:41
KPU debat cawapres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (kanan), berbincang dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka (kir) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama tim paslon peserta pemilihan presiden dan media penyelenggara akan melaksanakan rapat koordinasi hari ini Senin (18/12). Rapat akan membahas persiapan debat calon wakil presiden yang diselenggarakan pada Jumat, 22 Desember mendatang.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan rapat tersebut akan membicarakan sejumlah elemen terkait debat cawapres. Beberapa hal yang dibahas di antaranya konsep penerapan town hall, lokasi atau tempat debat hingga daftar nama panelis dan moderator.

August mengatakan hasil rapat tersebut akan segera diumumkan setelah rapat koordinasi selesai. “Rencananya sore nanti kami sampaikan setelah pertemuan antara KPU, tim paslon, dan media penyelenggara." kata August lewat pesan singkat WhatsApp pada Senin (18/12).

Dia menambahkan, bahwa pihak KPU akan melaksanakan konferensi pers terkait pelaksanaan debat cawapres pada Kamis, 21 Desember atau satu hari pelaksanaan debat. Sebelumnya, August mengatakan sedang mengkaji lokasi yang tepat untuk pelaksanaan debat. 

Menurutnya salah satu catatan dari evaluasi debat pertama berkaitan dengan kualitas pencahayaan dan suara. Hal lain yang menjadi catatan adalah mengenai kelancaran pelaksanaan selama debat. 

August mengatakan KPU akan berkoordinasi dengan para liaison officer dari masing-masing kubu agar lebih bisa mengatur para pendukung untuk menjaga ketertiban selama debat berlangsung.

Di sisi lain, KPU akan menentukan siapa saja yang bakal menjadi panelis dan moderator dalam debat sesi kedua. Adapun tema yang akan diangkat dalam debat cawapres tersebut adalah persoalan ekonomi, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Menurut August, KPU berupaya agar pelaksanaan debat sesi kedua dan selanjutnya tetap bisa lebih interaktif antar calon agar bisa menggali lebih banyak gagasan. Karena itu ia mengatakan format debat yang memberi ruang kepada kontestan untuk saling bertanya dan menyanggah akan tetap dipakai meski nanti dengan sejumlah catatan dari hasil evaluasi.

August menyebut adanya interaksi antar calon menunjukkan komitmen KPU menghadirkan debat yang terbuka. Mengenai durasi dan sesi debat kedua, August mengatakan tidak akan mengalami banyak perubahan dibanding debat sesi pertama antarpara calon presiden. Pada debat sesi pertama disediakan waktu total 120 menit dan dibagi dalam 6 segmen.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...