Profil Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Ditangkap Saat OTT KPK

Ira Guslina Sufa
19 Desember 2023, 10:47
KPK
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia

Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba pada Senin (18/12). Abdul Gani terjaring dalam operasi tangkap tangan atau OTT yang dilakukan penyidik KPK. 

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata telah mengkonfirmasi hal tersebut. Meski begitu ia belum bersedia menyampaikan lebih lanjut mengenai OTT lantaran masih dalam proses. 

"Saat ini staf masih mendalami para pihak yang diduga terlibat. Perkembangan lebih lanjut akan disampaikan," ujar Alex seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/12). 

Sementara itu Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan terdapat 15 orang yang ditangkap di Jakarta dan Ternate terkait OTT tersebut. OTT di Jakarta dikabarkan dilakukan di Hotel Bidakara. Ali membenarkan bahwa salah satu yang ditangkap adalah Gubernur Maluku Utara. 

Melansir Antara pada Senin malam, tim KPK melakukan penggeledahan di kediaman Gubernur Maluku Utara. Rumah Abdul Gani Kasuba yang berada di Kelurahan Takoma, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate didatangi KPK sejak sore. 

Salah seorang penjaga kediaman Gubernur Malut yang enggan menyebutkan identitasnya mengatakan tim KPK yang tiba pada Senin petang dan langsung masuk dan menyegel ruang Gubernur yang berada di lantai dua. Setelah digeledah oleh tim antirasuah, suasana di kediaman orang nomor satu di Malut itu sepi. Hanya terlihat sejumlah awak media yang berada di depan kediaman.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...