Kapolri Pindahkan 30.878 Personel Polisi ke IKN Nusantara Mulai 2024

Ira Guslina Sufa
21 Desember 2023, 17:11
Kapolri IKN Nusantara
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Kepolisian Negara Republik Indonesia menyiapkan rencana pemindahan 30.878 personel ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur mulai 2024. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut pemindahan personel Polri ini dilakukan dalam empat tahapan.

"Pada tahap pertama dikerahkan 1.667 personel, kemudian 9.484 orang. Lalu pada tahap ketiga sebesar 9.685 orang dan tahap keempat sebanyak 9.678," kata Listyo dalam keterangan saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Polres IKN, Kamis (21/12). .

Listyo mengatakan untuk personel yang mengisi Polres Khusus Kawasan IKN nantinya disiapkan 708 orang. Mereka akan mengisi Polres IKN melalui asesmen di Polda Kalimantan Timur. 

Sebagai bagian dari persiapan kepindahan itu hari ini Listyo mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking Polres Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). "Sambil menunggu proses pembangunan dan penetapan struktur organisasi, personel tersebut sudah berada di Polda Kalimantan Timur dan kami sebar ke polres-polres penyangga," kata Listyo. .

Sigit memastikan bahwa Polri akan terus mengawal seluruh kebijakan Presiden Jokowi termasuk pembangunan kawasan IKN. Polri tentunya berkomitmen untuk mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...