Mengukur Dampak Elektoral dan Finansial Usai Jusuf Kalla Dukung Anies

Amelia Yesidora
21 Desember 2023, 16:08
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) menyampaikan paparannya pada acara dialog bersama anak muda bertajuk Desak Anies saat berkampanye di Mataram, NTB, Selasa (19/12/2023). Kampanye dialogis bersama anak muda Mataram tersebut sebagai bentuk
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nym.
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) menyampaikan paparannya pada acara dialog bersama anak muda bertajuk Desak Anies saat berkampanye di Mataram, NTB, Selasa (19/12/2023).

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla resmi mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN). Dukungan itu disampaikan Jusuf Kalla pada Selasa (19/12) saat menghadiri kegiatan di Sulawesi Selatan. 

Meski demikian, pengamat politik menilai manuver Jusuf Kalla K tidak memberi dampak elektoral secara signifikan. “Karena bagaimanapun, sekarang JK tidak pegang jabatan. Jadi pengaruhnya tidak sebesar dulu,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin pada Katadata, Kamis (21/12).

Ia tidak menyangkal Jusuf Kalla punya basis elektoral besar di Sulawesi Selatan pada masanya. Namun menurut Ujang saat ini sudah ada banyak tokoh yang bisa menggerakkan dukungan masyarakat di sana. Ada dua nama yang ia sebut, yakni politisi Nasional Demokrat Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Pandangan berbeda disampaikan Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Nicky Fahrizal. Menurut Nicky, manuver JK memberi dampak elektoral positif besar bagi AMIN. 

Ia menilai dukungan Jusuf Kalla akan memperkuat suara Anies di Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera khususnya Sumatera Barat. Sejauh ini, Nicky melihat AMIN memang masih kekurangan suara di daerah tersebut. AMIN cenderung kuat di Jawa. 

“Ini bisa jadi kontra ke Golkar juga, selaku partainya JK dan kubu Prabowo-Gibran,” kata Nicky pada Katadata. “Seperti yang kita tahu Golkar itu kuatnya di luar Jawa Bali, figur JK juga menjadi salah satu yang menguatkan suara di Sulawesi. Padahal Golkar ada di kubu 02.”

Pertemuan Jusuf Kalla dan Anies Baswedan
Pertemuan Jusuf Kalla dan Anies Baswedan (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Potensi Kerek Dana Kampanye 

Lebih jauh Nicky mengatakan dukungan Jusuf Kalla bukan tidak mungkin akan berdampak dalam penggalangan dana kampanye untuk pasangan Anies - Muhaimin. Ia bahkan memperkirakan dana kampanye AMIN bisa saja akan meningkat dengan masuknya Jusuf Kalla. 

Sebelumnya KPU sudah merilis dana awal kampanye peserta Pilpres 2024. Dari ketiga paslon, dana kampanye AMIN paling kecil yakni Rp 1 miliar yang bersumber dari sumbangan uang paslon. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...