Anies Gaungkan Bansos Plus dan Janji Perbanyak Koperasi Pasar

Tia Dwitiani Komalasari
26 Desember 2023, 13:09
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) menyapa para pendukungnya sebelum konsolidasi Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) di Jakarta, Kamis (21/12/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) menyapa para pendukungnya sebelum konsolidasi Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan menggaungkan bantuan sosial (Bansos) Plus kepada para pedagang dan pembeli yang ada di pasar Flamboyan Pontianak. Bansos Plus merupakan salah satu program unggulannya yang akan dilaksanakan jika terpilih menjadi presiden periode 2024-2029 nanti.

"Program ini merupakan pengembangan dari program yang ada sebelumnya, yang kita lakukan untuk memperkuat salah satu poin perubahan agar program Bansos ini bisa menjadi lebih baik," kata Anies saat mengecek harga sembako sekaligus meninjau kondisi pasar tradisional Flamboyan, Kota Pontianak, Selasa (26/12).

Anies menyebut Bansos Plus ini memiliki tiga poin utama yakni plus manfaatnya, plus penerimanya, dan plus layanannya.

"Kedua, kami juga mengenalkan Bansos Plus, plus manfaatnya yang artinya manfaatnya akan ditambah, plus penerimanya yang artinya data penerima diperbaiki, dan plus layanannya yang artinya negara memberikan pelayanan terbaik kepada semua penerima Bansos Plus," tuturnya.

Dirinya memastikan akan merealisasikan program Bansos Plus tepat sasaran dan benar-benar menyentuh ke penerima manfaat.

Perbanyak Koperasi Pasar

Anies juga menerima keluhan harga kebutuhan pokok yang semakin mahal dan menurunkan daya beli masyarakat saat berdialog dengan beberapa pedagang di Pontianak.

Dia mengatakan akan meningkatkan daya beli masyarakat dengan meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pemerataan. Dengan demikian, masyarakat yang berada di ekonomi menengah dan rendah bisa ikut merasakan pertumbuhan ekonomi juga.

"Kita juga akan memberikan dukungan kepada para pedagang dengan memperbanyak koperasi pasar, sehingga para pedagang yang memerlukan modal lebih bisa mendapatkan dana tambahan modal dengan mudah," kata Anies.

Anies mengatakan, pihaknya juga akan meningkatkan pelatihan kepada para pedagang dan pelaku UMKM, dan mempermudah akses pemodalan agar mereka mampu tumbuh dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...