KSP Moeldoko Bantah Bansos Jokowi untuk Kerek Elektabilitas Gibran

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Januari 2024, 18:00
jokowi, bansos, gibran
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.
Presiden Joko Widodo meyalami warga saat membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pedagang di Pasar Tohaga Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023).
Button AI Summarize

Pihak Istana Kepresidenan mengatakan penyaluran bantuan sosial oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berhubungan dengan kepentingan elektoral jelang pemilihan presiden. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan kebijakan tersebut tak bertujuan untuk mengerek elektabilitas Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi belakangan aktif turun langsung untuk menyalurkan paket bantuan beras 10 kilogram (kg) beras plus bantuan langsung tunai alias BLT senilai Rp 400 ribu kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

"Program untuk memberikan bantuan beras kepada masyarakat miskin itu jauh sebelum Mas Gibran menjadi calon wakil presiden," kata Moeldoko kepada wartawan di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (3/1).

Moeldoko mengatakan penyaluran bansos bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat kecil di tengah meroketnya harga kebutuhan pokok. Mantan Panglima TNI itu mengatakan bahwa penyaluran bansos secara berkelanjutan dipandang ampuh untuk menekan laju inflasi.

"Dengan adanya bantuan beras 10 kg itu masyarakat pada akhirnya mengurangi pengeluaran. Jadi tidak ada tendensi apapun," ujar Moeldoko.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...