Prabowo: Saya Sudah Serahkan Tanah ke Negara 2,5 Tahun Lalu

Ameidyo Daud Nasution
9 Januari 2024, 15:42
prabowo, tanah, anies
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyapa relawan usai menghadiri acara konsolidasi relawan Prabowo-Gibran se-Provinsi Riau di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pekanbaru, Riau, Selasa (9/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto angkat bicara soal status lahan miliknya yang sempat disinggung Anies Baswedan dalam debat calon presiden. Prabowo mengaku telah menyerahkan tanah tersebut kepada negara.

Ia mengatakan tanah tersebut telah diserahkan kepada pemerintah pada 2,5 tahun lalu. Prabowo juga sudah menyampaikan niat tersebut kepada Presiden Joko Widodo agar tanah tersebut dijadikan sebagai food estate atau lumbung pangan.

 "Saya sudah serahkan tanah itu kepada negara," kata Prabowo saat hadir di acara relawan di Riau, Selasa (9/1) seperti disiarkan Kompas TV.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga sempat menyerang balik sentilan Anies soal lahan tersebut. Ia mengatakan luas lahan yang dimilikinya mencapai hampir 500 ribu hektare. Sedangkan Anies menyebut lahan milik Prabowo mencapai 340 ribu hektare.

"Dia (Anies) mau menghasut, mau membuat rakyat membenci saya," katanya.

Menteri Pertahanan tersebut juga mempertanyakan kemampuan Anies untuk mengenali status lahan. "Dia mengerti enggak sih ada Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), hak pakai," kata Prabowo.

Belum ada jawaban dari pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) soal status terkini lahan Prabowo. Hingga berita ini ditulis, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni belum merespons pesan singkat Katadata.co.id.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...