Otorita Targetkan Jaringan Internet di IKN Tersambung pada Juli 2024

Andi M. Arief
15 Januari 2024, 14:05
otorita, IKN, IKN Nusantara
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Sejumlah truk melintas di proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). Pemerintah pusat melalui Badan Otorita IKN terus meningkatkan intensitas pembangunan di wilayah IKN antara lain dengan pematangan lahan, pembangunan jalan akses logistik, intake air minum hingga persemaian pohon.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN membuka kesempatan bagi operator telekomunikasi untuk berbisnis di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan. Syarat utama yang ditetapkan otorita adalah operator tersebut harus mulai beroperasi pada Juli 2024.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim mengatakan, infrastruktur kabel serat optik di KIPP akan disediakan oleh PT Telkom Indonesia dan PT Indonesia Comnets Plus atau ICON Plus. Kedua perusahaan tersebut berencana bertolak ke IKN untuk melakukan survei lapangan pada akhir pekan ini, Jumat (19/1).

"Kami mulai rencana pembangunan jaringan telekomunikasi di KIPP bagian 1A mulai dari tahun lalu. KIPP 1A ini baru sebagian kecil dari IKN dan menjadi area fokus pembangunan tahap pertama," kata Silvia dalam konferensi pers virtual, Senin (15/1).

Silvia mencatat KIPP 1A hanya sepertiga dari total wilayah KIPP, sedangkan KIPP hanya sekitar 10% dari wilayah urban IKN. Wilayah pengembangan jaringan internet hingga Agustus 2024 baru sekitar 3% dari total wilayah IKN.

Ia  mengatakan pengembangan jaringan kabel serat optik KIPP 1A dibangun dengan skema kerja sama antar bisnis. Oleh karena itu, Silvia menekankan pengembangan tersebut merupakan investasi oleh masing-masing operator telekomunikasi, bukan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha.

Silvia mengaku saat ini mencari operator telekomunikasi yang dapat beroperasi pada Juli 2024. Hal tersebut penting lantara sebanyak 28 proyek gedung di IKN dijadwalkan beroperasi pada Agustus 2024.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...