Daftar Proyek Infrastruktur IKN yang Diluncurkan Jokowi Hari Ini

Ira Guslina Sufa
17 Januari 2024, 13:02
IKN
Dokumentasi BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo meninjau progres penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Agro Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Sabtu, 23 September 2023.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/1). Pada kunjungan kali ini Presiden akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah infrastruktur.

Berdasarkan siaran pers dari Istana, Jokowi terbang ke Kalimantan Timur menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.30 WIB. 

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Mahmud Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Jokowi naik helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju IKN. Di IKN, Jokowi diagendakan melakukan peletakan batu pertama lagi terhadap pembangunan sejumlah infrastruktur.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan secara berkala meninjau perkembangan pembangunan IKN untuk memastikan berjalan sesuai target. Ia berharap KN dapat digunakan pada upacara HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2024.

Daftar Groundbreaking Proyek Infrastruktur di IKN

Progres pembangunan kawasan Istana di IKN Nusantara
Progres pembangunan kawasan Istana di IKN Nusantara (Katadata/Zahwa Madjid)

Pada lawatan dinas kali ini, Jokowi dijadwalkan menghadiri 11 agenda dari pukul 10.50 hingga 18.05 WITA. Jokowi akan mengawali kunjungan kerja di IKN untuk meresmikan Nusantara Logistic Hub milik BUMN Pos Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan groundbreaking Masjid Negara, Kantor Otoritas IKN (OIKN), dan Memorial Park. Tiga proyek infrastruktur ini dibangun oleh Kementerian PUPR. 

Presiden juga dijadwalkan untuk meresmikan pembangunan Kantor Lembaga Penjamin Simpanan, dan studio siaran radio milik RRI di IKN. Di sela-sela agenda groundbreaking, Jokowi dan rombongan juga akan meninjau training center atau lokasi tempat latihan Tim Nasional Indonesia milik PSSI

 Jokowi juga akan meresmikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur milik swasta seperti hotel bintang lima dari Jambuluwuk Group, area pergudangan oleh SUN Hub dan pembangunan Nusantara Warehouse Park oleh perusahaan lokal Kalimantan Timur, yaitu PT Wulandari Bangun Laksana. 

Selain itu, Jokowi juga akan meresmikan pembangunan Green Pesantren oleh BenihBaik.com, Jejakin, dan Katadata Green. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja itu ialah Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...