Khofifah Tampil Perdana Jadi Jurkam Prabowo-Gibran di Debat Cawapres

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Januari 2024, 19:02
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tampil perdana ke publik sebagai Juru Kampanye Nasional sekaligus Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada debat cawapres di JCC, Jakarta, pada Minggu (21/1).
Katadata/Muhammad Riyandanu
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tampil perdana ke publik sebagai Juru Kampanye Nasional sekaligus Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada debat cawapres di JCC, Jakarta, pada Minggu (21/1).
Button AI Summarize

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, tampil perdana ke publik sebagai Juru Kampanye sekaligus Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran saat acara debat cawapres di Jakarta Convention Center (JJC) pada Minggu (21/1).

Dia tiba di JCC sekitar pukul 18.05 WIB bersama rombongan TKN lainnya. Saat itu khofifah mengenakan  kemeja lengan panjang biru muda serta dibalut dengan kerudung warna serupa.

Khofifah mengatakan ini merupakan hari pertama dirinya menjadi bagian dari TKN Prabowo-Gibran. Dirinya juga akan cuti sebagai Gubernur Jawa Timur dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU. 

"Ini hari pertama saya masuk di TKN, saya sudah menyampaikan surat kepada PBNU untuk non aktif di PP Muslimat," kata Khofifah. 

Keikutsertaan Khofifah sebagai barisan pendukung Prabowo-Gibran tertulis dalam Surat Keputusan (SK) Nomor SKEP/769/TKN-PG/I/2024. Surat yang telah ditetapkan sejak 10 Januari lalu itu mulai berlaku sejak tanggal 21 Januari 2024.  

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Khofifah dinilai sebagai sosok potensial untuk meningkatkan perolehan suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur. Selain itu, mantan Menteri Sosial tersebut bisa menggenjot suara di beberapa wilayah seperti Bali, Aceh, Sumatera Barat, dan Madura.

"Supaya bisa dibuat membayar utang di daerah-daerah yang potensi kalah. Seperti Bali itu mungkin ada potensi kalah. Aceh masih berat, Sumatera Barat dan Madura sudah 50:50," kata Nusron di Kantor Media Center TKN, Jakarta Selatan pada Kamis (11/1).

Hasil survei Indikator Politik Indonesia teranyar menunjukkan perolehan suara pasangan Prabowo-Gibran di Aceh berada di 17,4%. Angka itu cenderung lebih rendah dari pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapat suara 65%. Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di angka 6,1%. Adapun masih ada 11,5% responden yang masih belum menentukan pilihannya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...