TKN Tugasi Khofifah Cegah Kekalahan Prabowo di Bali hingga Aceh

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2024, 16:15
khofifah, prabowo, tkn
ANTARA FOTO/Moch Asim/tom.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) melihat salah satu naskah kuno saat pameran naskah kuno karya ulama Indonesia di UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran telah menggaet Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke kubu mereka. Khofifah akan ditugaskan untuk menambal suara Prabowo di wilayah-wilayah yang berpotensi kalah.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Khofifah dinilai sebagai sosok potensial untuk meningkatkan perolehan suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur. Selain itu, mantan Menteri Sosial tersebut bisa menggenjot suara di beberapa wilayah seperti Bali, Aceh, Sumatera Barat, dan Madura.

"Supaya bisa dibuat membayar utang di daerah-daerah yang potensi kalah. Seperti Bali itu mungkin ada potensi kalah. Aceh masih berat, Sumatera Barat dan Madura sudah 50:50," kata Nusron di Kantor Media Center TKN, Jakarta Selatan pada Kamis (11/1).

Nusron mengatakan sosok Khofifah bisa mampu mengerek suara pemilih dari basis  Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024. Selain menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah saat ini merupakan Ketua Umum PP Muslimat NU.

Nusron mengatakan Khofifah akan mulai aktif membantu kampanye pemenangan pasangan Prabowo-Gibran pada 21 Januari 2024. Ketetapan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan (SK) Nomor SKEP/769/TKN-PG/I/2024. 

"SK-nya mungkin baru efektif tanggal 21 Januari. Maka pas debat capres keempat beliau sudah tampil terbuka," ujar Nusron.

Nusron mengatakan Khofifah akan cuti dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur selama mengikuti kampanye pemenangan Prabowo-Gibran. "Beliau akan cuti untuk sampai proses pemenangan," ujar Nusron.

Khofifah resmi mengumumkan dukungan kepada pasangan Prabowo Gibran pada Rabu (10/1). Selain itu, ia mengaku siap bergabung dengan TKN kubu 02.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...