Top News: Visi Misi Capres soal Lingkungan, Arti dari Greenflation

Aryo Widhy Wicaksono
22 Januari 2024, 05:50
Cawapres peserta Pilpres 2024, dari kiri - kanan: Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka.
Katadata
Cawapres peserta Pilpres 2024, dari kiri - kanan: Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat keempat.
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat keempat pemilihan presiden atau pilpres 2024 pada Minggu (21/1) malam.

Para calon wakil presiden, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, menyampaikan visi - misi mereka terkait energi, lingkungan hidup, agraria, pangan, pajak karbon, masyarakat adat, dan sumber daya alam.

Pasangan nomor urut 1, Anies - Muhaimin, memperkenalkan visi Indonesia Adil Makmur untuk Semua. Misi pertama yang disampaikan berkaitan dengan penguatan tata kelola lingkungan hidup.

Pasangan nomor urut 2, Prabowo - Gibran, menggaungkan visi Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Sementara pasangan nomor urut 3, Ganjar - Mahfud, melalui dokumen visi Menuju Indonesia Unggul, Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari pasangan nomor 3 ini memiliki tiga misi gerak cepat terkait lingkungan hidup, EBT, serta keadilan ekologis.

Visi misi cawapres mengenai lingkungan hidup menjadi salah satu artikel terpopuler, bagian dari Top News Katadata.co.id. Tak hanya itu, simak juga bagaimana profil dua sosok moderator debat, serta rencana kenaikan pajak sepeda motor bensin.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Membanding Visi Misi Capres Cawapres Soal Lingkungan dan Energi Hijau

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat keempat pemilihan presiden atau pilpres 2024 pada Minggu (21/1). Debat yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada pukul 19.00 WIB diikuti oleh tiga calon wakil presiden yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan cawapres Muhaimin Iskandar akan menjadi peserta pertama yang akan memaparkan visi dan misi saat debat keempat tersebut. Muhaimin akan ditempatkan di posisi tengah, antara Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

"Sedangkan untuk posisi, nanti kalau tidak salah itu, pasangan calon nomor urut 1 di tengah. Itu sudah diatur," kata Mellaz seperti dikutip Minggu (21/1).

Debat yang diikuti oleh ketiga cawapres ini menjadi momen debat kedua setelah sebelumnya bertemu pada Jumat (22/12) dengan tema seputar ekonomi. Untuk keempat kali ini cawapres akan membahas tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Simak bagaimana visi misi capres cawapres Soal lingkungan dan energi hijau.

2. Apa Itu Greenflation yang Disebut Gibran di Debat Cawapres?

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyebutkan istilah greenflation atau inflasi hijau saat debat calon wakil presiden di Jakarta Covention Centre, Minggu (21/1).

Dia menanyakan masalah greenflation tersebut pada cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, pada sesi keempat debat cawapres.

"Bagaimana cara mengatasi greenflation?" tanya Gibran singkat pada Mahfud.

Secara singkat, greenflation adalah ketika harga komoditas naik karena transisi menuju ekonomi hijau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...