11 Hasil Survei Capres Terbaru: Anies, Prabowo, Ganjar Siapa Unggul?

Ira Guslina Sufa
23 Januari 2024, 08:45
Survei
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) berbincang dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) serta capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).
Button AI Summarize

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di pemilihan presiden 2024 masih terus berubah. Berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga belum ada calon presiden dan wakil presiden yang mendominasi dengan lebih dari 50% suara. 

Memasuki waktu kurang dari satu bulan menjelang pemilu, ketiga pasang capres dan cawapres makin gencar turun ke berbagai daerah untuk mengumpulkan dukungan. Adapun Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan waktu pemilihan presiden akan berlangsung pada Rabu (14/2) mendatang. 

Berdasarkan sejumlah hasil survei pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masih unggul dengan suara rata-rata di atas 40%. Adapun posisi kedua masih diperebutkan antara Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan kisaran suara antara 20% sampai 26%. 

Bagi tim pemenangan Prabowo hasil survei hari ini membuat keyakinan untuk bisa menang dalam satu putaran kian dekat. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN), Budisatrio Djiwandono dukungan terbuka dari sejumlah tokoh seperti Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa merupakan modal besar untuk memenangkan pilpres dalam satu putaran. 

“Keselarasan pilihan politik akan memperkuat semangat pendukung, menegaskan bahwa mereka berada di barisan yang sejalan,”ujar Budi seperti dikutip Selasa (22/1). 

Sementara itu bagi pasangan Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud peluang untuk maju putaran kedua harus diperoleh dengan lebih keras. Terlebih keduanya masih terpaut dalam rentang margin of error dari semua lembaga survei. 

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto berkeyakinan rakyat akan memilih Ganjar-Mahfud menang dan lolos putaran kedua. Tima Anies - Muhaimin juga tak kalah optimistis. Captain tim pemenangan nasional atau Timnas AMIN Syaugi Alaydrus menyatakan dukungan yang terus mengalir untuk pasangan nomor urut 1 itu akan mengantar pada kemenangan. 

Bagaimana hasil survei dari sejumlah lembaga terhadap elektabilitas tiga pasangan capres dan cawapres, siapa yang unggul? Siapa yang bakal lolos ke putaran selanjutnya bila pemilu digelar 2 putaran?

Debat keempat Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

Deretan hasil survei elektabilitas capres pilpres 2024. 

Hasil Survei Pilpres Indonesia Survey Center 

Survei terbaru yang dirilis Lembaga Indonesia Survey Center (ISC) menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran mencapai 52 % pada kontestasi Pilpres 2024. Sementara itu, pasangan Anies - Muhaimin ada di urutan kedua dengan elektabilitas 21,7 %. 

Di urutan ketiga ada duet Ganjar - Mahfud dengan elektabilitas 18,1 %. Adapun sisanya terdiri atas undecided voters sebanyak 8,2 %.

Peneliti Senior ISC Chairul Pane mengatakan berdasarkan data tersebut, Chairul memperkirakan pilpres 2024 tidak akan berlanjut ke putaran kedua. "Hasil survei ini menunjukkan bahwa pemilu berpotensi besar akan berlangsung satu putaran. Prabowo-Gibran akan menjadi pemenangnya," ujar Chairul.

Menurut Chairul dinamika elektabilitas pasangan calon pascadebat ketiga, Prabowo-Gibran justru trennya meningkat. Sedangkan pasangan Anies - Muhaimin dan Ganjar - Mahfud cenderung menurun dari periode survei November 2023. Pada periode 25 November - 4 Desember 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran 44,4 %, Ganjar-Mahfud 25,9 %, dan Anies-Imin 25,4 %.

Survei ISC juga menemukan data bahwa 80 % responden sudah mantap akan memilih pasangan yang mereka sebutkan. Sementara itu, ada 15,7 % yang masih ragu-ragu atas pilihannya, dan 4,3 % yang memilih tidak menjawab.

Survei ISC tersebut diselenggarakan dalam rentang waktu 11—19 Januari 2024 dengan melibatkan 1.670 responden di 34 provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah random digit dialing dengan margin of error (MoE) 2,4 % dengan tingkat konfidensial 95 %. 

Prabowo hadiri konsolidasi relawan se-Provinsi Riau
Prabowo hadiri konsolidasi relawan se-Provinsi Riau (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.)

 

Hasil Survei Terbaru Pilpres Charta Politika 

Hasil survei Charta Politika Indonesia pada Januari 2024 menyebutkan bahwa tingkat elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran mencapai 42,2%. Sementara itu, elektabilitas pasangan Ganjar - Mahfud di urutan kedua dengan 28 %. Adapun capres - cawapres nomor urut 01 Anies - Muhaimin mencapai 26,7 %, dan tidak menjawab sebanyak 3,1 %.

Survei tersebut juga mengungkapkan alasan responden memilih capres-cawapres yaitu merakyat atau perhatian pada rakyat (24,8 %); tegas/berwibawa (18,2 %), pintar/berpendidikan (12 %). Selain itu juga ada alasan bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (11,3 %), perjuangkan kepentingan rakyat (7,9 %).

Program yang dijanjikan paling meyakinkan (7,5 %), ramah/santun (3,2 %), kombinasi pemimpin berpengalaman dan anak muda (3,2 %). Ikut pilihan keluarga (1,8 %), sederhana (1,7 %). Survei tersebut juga menyebutkan sebanyak 75,7 % responden sudah mantap terhadap pilihan capres-cawapres, 20,9 % kemungkinan berubah, dan 3,4 % tidak menjawab.

Survei Charta Politika dilakukan pada tanggal 4 – 11 Januari 2024, melalui wawancara tatap muka secara langsung. Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error ±2,82 %.

Hasil Survei Terbaru Capres Survei Economics & Political Insight (EPI) Center 

Hasil survei yang digelar Survei Economics & Political Insight (EPI) Center menyebutkan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo - Gibran berpeluang menang dalam satu putaran. Berdasarkan survei terbaru yang digelar pada  9 hingga 15 Januari 2024 elektabilitas Prabowo - Gibran mencapai 50,2 persen. 

Dalam survei tersebut, elektabilitas Anies - Muhaimin sebesar 21,3 persen, terpaut tipis dari Ganjar - Mahfud dengan 20,1 persen. Sisanya sebanyak 8,5 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti EPI Center Mursalin mengatakan setidaknya ada tiga faktor yang bisa menjelaskan tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran. Pertama adalah dukungan dari Presiden Jokowi kepada Prabowo dan diperkuat dengan majunya Gibran sebagai cawapres.

"Majunya Gibran yang notabene putra sulung Jokowi memberi isyarat kuat dukungan mengarah kepada Prabowo, alih-alih Ganjar," sebut Mursalin.

Sebelumnya, Jokowi membagi dukungan kepada Ganjar hingga terjadi perpecahan antara Jokowi dengan elite PDI Perjuangan. Jokowi akhirnya memilih mendukung Prabowo, mantan rivalnya pada dua kali pemilu.

Usai Pemilu 2019, Jokowi menawarkan rekonsiliasi dan mengajak Prabowo bergabung ke dalam pemerintahan dengan memberi posisi sebagai Menteri Pertahanan. Faktor kedua adalah pergeseran pemilih Jokowi pada Pemilu 2014 dan 2019 yang mengikuti arah dukungan Jokowi.

"Faktor ketiga, yaitu korelasi antara tingkat kepuasan publik dengan elektabilitas capres-cawapres yang didukung Jokowi," sebut Mursalin menambahkan.

Menurut dia publik yang merasa puas cenderung mendukung Prabowo-Gibran, sisanya diperebutkan oleh Ganjar-Mahfud. Sebaliknya, publik yang merasa tidak puas cenderung memilih Anies-Muhaimin yang menyuarakan jargon perubahan.

Survei Economics & Political Insight (EPI) Center melibatkan 1.200 responden mewakili 38 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kampanye akbar Anies Baswedan di Kabupaten Bogor
Kampanye akbar Anies Baswedan di Kabupaten Bogor (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.)

 

Hasil Survei Capres Terbaru dari LSI 

Elektabilitas Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka 47% pada Januari, menurut survei Lembaga Survei Indonesia atau LSI. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar menempati urutan kedua dengan 23,2%. Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD 21,7%.

Survei tersebut dilakukan melalui telepon selama 10 - 11 Januari. Survei ini melibatkan 1.206 responden yang dipilih secara acak melalui metode double sampling. Dengan metode tersebut, margin of error survei diperkirakan +-2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Elektabilitas Prabowo - Gibran naik 1,6% dibandingkan Desember. Begitu juga Anies - Muhaimin naik 1%. Sementara itu, Ganjar - Mahfud MD turun 2%. 

Hasil Survei Terbaru Pilpres 2024 dari Poltracking 

Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei calon presiden yang dilakukan pada 1 hingga 7 Januari 2024. Dari hasil penjaringan opini, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih memimpin.

Meski demikian, tren kenaikan paling tinggi dibandingkan survei Desember 2023 ditunjukkan oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Sedangkan elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menunjukkan penurunan.

Jika mengacu survei ini, maka Anies berkemungkinan lolos ke putaran kedua. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berpotensi melawan Prabowo dalam putaran selanjutnya. Survei dilakukan pada 1-7 Januari 2024 kepada 1.220 responden dengan metode stratified multistage random sampling. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei tersebut Prabowo - Gibran mendapat suara 46,7%. Selanjutnya Anies - Muhaimin dengan 26% dan diikuti Ganjar - Mahfud dengan 20.6% suara. Kenaikan tertinggi dialami pasangan Anies-Muhaimin yakni 3,8%. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat naik 1,5%. 

Adapun, pasangan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan tingkat keterpilihan sebesar 6,7%. Tren kenaikan dan penurunan elektabilitas ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satu yang signifikan adalah pengaruh Presiden Joko Widodo. 

"Publik yang merasa puas, pilihan pasangannya terus menunjukkan kenaikan kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka," demikian keterangan tertulis Poltracking.

Kampanye terbuka perdana Capres Ganjar
Kampanye terbuka perdana Capres Ganjar (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.)

Hasil Survei Capres Terbaru Pilpres versi Indikator Politik Indonesia 

Survei terbaru yang dirilis Indikator Politik Indonesia menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul. Dalam simulasi pilpres yang dilakukan pada 30 Desember 2023 - 6 Januari 2024 Prabowo - Gibran mengantongi 45,79% suara. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya mengungkapkan, pasangan Prabowo - Gibran unggul cukup jauh dibanding dua calon lain. Pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan  25,47 %, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 22,96%.

Burhanuddin mengatakan, survei tatap muka tersebut dilakukan sebelum debat ketiga Pilpres yang dilakukan beberapa waktu lalu. Ia menyebut, berdasarkan temuan Indikator Politik Indonesia, alasan responden memilih Prabowo-Gibran didasari banyak faktor. 

“Alasan yang paling pertama tegas, berwibawa, berlatar belakang militer,” kata Burhanuddin dalam paparannya, yang disiarkan di YouTube Indikator Politik Indonesia, Kamis (18/1).

Burhanuddin mengatakan, berdasarkan temuannya alasan lain responden memilih pasangan 02 karena faktor Presiden Joko Widodo. Responden meyakini, pasangan Prabowo - Gibran bisa melanjutkan program yang telah dibuat presiden Jokowi. 

“Banyak mereka (responden) yang memilih karena alasan ini, memilih Pak Prabowo. Kemudian banyak juga yang memilih Prabowo karena Gibran,” kata dia.

Di sisi lain, Burhanuddin mengaku belum dapat memprediksi apakah Pilpres 2024 akan digelar dalam satu atau dua putaran. Hal itu didasari pada temuan teranyar Indikator Politik tersebut.

“Satu putaran belum tentu, dua putaran juga belum tentu,” kata Burhanuddin lagi.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa kemungkinan Prabowo-Gibran untuk lolos ke putaran kedua lebih besar dari dua pasangan calon lainnya.

Adapun, survei tersebut melibatkan sampel basis 1200 orang, dengan metode stratified random sampling, ukuran basis sampel basis 4560 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil Survei Terbaru Survey & Polling Indonesia (SPIN)

SPIN melakukan survei kepada 2.178 orang terkait siapa capres pilihan masyarakat dalam Pilpres 2024. Survei ini dilakukan pada periode 8-14 Januari 2024, tepat setelah debat ketiga capres-cawapres yang diselenggarakan KPU pada 7 Januari 2024. SPIN mengaku tingkat kesalahan atau margin of error survei ini ±2,1% pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil survei SPIN sebagai berikut:

Berdasarkan survei ini pasangan Prabowo-Gibran meraih 50,9% suara. Selanjutnya diikuti Ganjar-Mahfud dengan 23,5% dan Anies - Muhaimin dengan 18,9%. Adapun responden yang belum punya pilihan sebanyak 6,9%.

Debat keempat Pilpres 2024
Debat keempat Pilpres 2024 (ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.)

 

Hasil Survei Indonesia Political Opinion (IPO)

Berbeda dengan SPIN, IPO melakukan survei sebelum debat capres ketiga, yakni dalam periode 1-7 Januari 2024. Survei ini melibatkan 1.200 orang responden, dengan margin of error ±2,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil survei IPO sebagai berikut:

Dalam survei IPO pasangan Prabowo-Gibran meriah 42,3% suara. Selanjutnya elektabilitas Anies - Muhaimin: 34,5%, dan Ganjar-Mahfud 21,5%

Hasil Survei Ipsos Public Affairs

Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs melakukan survei elektabilitas capres dan cawapres di Indonesia pada 27 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024. Periode survei ini dilakukan setelah debat pilpres pertama dan menjelang debat kedua.
Survei ini melibatkan 2.000 orang responden dengan margin of error ±2,19% pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil survei Ipsos sebagai berikut:

Menurut Ipsos elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 48,05%, selanjutnya Anies-Muhaimin 21,80%. Di urutan ketiga ada Ganjar - Mahfud dengan elektabilitas 18,35%

Dibandingkan data survei November 2023, Prabowo-Gibran kembali mengalami kenaikan dari 42,66%. sementara Anies-Muhaimin cenderung stagnan dari 22,13% dan Ganjar-Mahfud dari turun dari 22,95%. sementara yang belum menentukan pilihan menurun tipis dari 12,26 turun ke 11,80%

Hasil Survei Terbaru dari Median

Survei Median dilakukan setelah debat capres dan cawapres kedua yakni pada periode 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Survei ini melibatkan 1.500 responden dengan margin of error ± 2,53% dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil survei Median sebagai berikut:

Pada survei ini pasangan Prabowo-Gibran meriah 43,1% suara. Selanjutnya pasangan Anies-Muhaimin 26,8% suara dan Ganjar-Mahfud dengan 20,1%. Adapun responden yang tidak tahu atau tidak menjawab mencapai 10,0%

Berdasarkan survei Median, elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami peningkatan setelah dua kali debat capres dan cawapres KPU. Sebelum debat capres pertama, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 37%, Ganjar-Mahfud 26,7% dan Anies-Muhaimin 25,4%.

Hasil Survei Terbaru dari Lembaga Survei Nasional (LSN)

Berbarengan dengan Median, LSN juga melakukan survei setelah debat kedua yakni pada 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Survei LSN melibatkan 1.420 responden di 38 provinsi dengan margin or error 2,6% dan tingkat kepercayaan 95%. Berikut hasil survei LSN:

Berdasarkan survei terbaru LSN, pasangan Prabowo-Gibran meraih elektabilitas 49,5%. Selanjutnya Anies-Muhaimin elektabilitasnya 24,3%, Ganjar-Mahfud elektabilitasnya 20,5%. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab mencapai 5,7%

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...