Jokowi Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah hingga Bansos di Jawa Tengah

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Januari 2024, 22:14
jokowi, jawa tengah, bansos,
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) menyapa warga saat penyerahan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) 2024 di kompleks gudang Bulog Temanggung, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Ia meresmikan sejumlah infrastruktur hingga memberikan bantuan gagal panen ke petani pada hari kedua.

Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto.

Berikut rangkuman agenda wisata karya Jokowi di Jawa Tengah yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden:

1. Meninjau Ruas Jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi

Jokowi menyebut ruas Jalan Surakarta-Purwodadi merupakan ruas jalan yang memiliki tingkat kerusakan paling berat. Hal ini karena sifat tanah yang dinamis, sehingga sering rusak.

“Maka, kami membangun Jalan Solo-Purwodadi memakai rigid beton dengan biaya besar. Kami berharap bisa lebih awet ketimbang mengaspal lagi,” kata Jokowi.

Pemerintah telah menganggarkan Rp15 triliun untuk Inpres Jalan Daerah 2024. Namun, realisasi kebijakan ini masih dalam proses perencanaan.

Sebanyak Rp 1,3 triliun untuk memperbaiki sekitar 40 ruas jalan di Jawa Tengah. Lalu, Rp 204 miliar untuk membangun tiga ruas jalan di Kabupaten Sragen.

2. Meninjau Puskesmas Toroh 1, Kabupaten Grobogan

Jokowi ingin memastikan setiap puskesmas memiliki alat USG atau ultrasonography untuk membantu pemeriksaan kehamilan. Pemerintah pun mendistribusikan alat USG kepada 10 ribu puskesmas di seluruh Tanah Air.

Selain itu, memberikan alat timbang bayi ke sejumlah posyandu di seluruh Indonesia. Ini sebagai langkah awal penanganan stunting.

“Kami berharap semuanya memiliki USG, sehingga kehamilan ibu dan kondisi bayi bisa dideteksi lebih dini. Semua data masuk ke pusat data di Jakarta. Ini penting sekali dalam rangka pengentasan stunting,” ujar Jokowi.

3. Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah ke Masyarakat

Jokowi menyerahkan 3.000 sertifikat tanah untuk rakyat di Stadion Krida Bhakti, Kabupaten Grobogan. Ia menyampaikan, pemerintah telah menyelesaikan 110 juta dari total 126 juta sertifikat tanah di Tanah Air.

Ia menyatakan, sertifikat tanah merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimiliki masyarakat. Dokumen ini dapat mencegah terjadinya sengketa tanah dan konflik lahan.

“Tidak ada lagi sengketa. Kalau sudah pegang ini, di sini ada nama pemegang hak, luas tanah, alamat di sini semuanya komplet," kata Jokowi.

4. Salurkan Bantuan Gagal Panen

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...