Saat Jokowi Singgung Makan Siang di Depan Para Pelajar Jawa Tengah

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Januari 2024, 16:18
jokowi, jawa tengah, makan siang
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar di Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali agenda pekan ketiga Januari dengan melangsungkan kunjungan kerja ke Jawa Tengah pada Senin (22/1). Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi mengunjungi Salatiga dan Magelang.

Di Kota Magelang, Jokowi menyerahkan langsung bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2024 di Lapangan Tenis Moncer Serius, GOR Samapta di Magelang. Program tersebut menyalurkan dana tahunan senilai Rp 450 ribu untuk murid SD, Rp 750 ribu untuk siswa SMP dan Rp 1,8 juta untuk pelajar SMA.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi berinteraksi dengan para siswa yang hadir. "Anak-anakku semuanya selamat siang? Sudah makan siang?" kata Jokowi seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Senin (22/1).

"Belum," jawab para siswa.

"Oh bener tadi ada yang ngantuk, belum makan siang," kata Presiden.

Jokowi meminta para siswa yang hadir agar menggunakan dana bantuan PIP untuk memberi alat keperluan sekolah, seperti buku, seragam, sepatu dan alat tulis. "Untuk beli pulsa dan handphone, tidak boleh. Setuju?" kata Jokowi.

Bergeser ke Kota Salatiga, Jokowi menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah di Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir. Jokowi juga menyempatkan diri untuk berinterasi dengan warga sekitar.

Ririn, salah seorang masyarakat yang sehari-hari berjualan kue mengaku sangat bersyukur dengan bantuan tersebut. Meski baru pertama kali mendapatkan, Ririn mengatakan bahwa bantuan tersebut dapat meringankan kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah saya bersyukur senang banget diberi bantuan sama Pak Jokowi, karena mengingat sekarang harga beras tinggi jadi sangat membantu untuk anak-anak saya,” kata Ririn.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...