Jokowi Soroti Jalan Solo-Purwodadi: Bertahun-Tahun Selalu Bergelombang

Ameidyo Daud Nasution
23 Januari 2024, 14:52
jokowi, jawa tengah, jalan
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meninjau jalan Solo-Purwodadi di Sragen, Jawa Tengah, Selasa (23/1). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo hari ini meninjau proyek perbaikan jalan Solo-Purwodadi di Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat menjajal jalan yang disebutnya selalu bergelombang.

"Sudah bertahun-tahun biasanya Jalan Solo-Purwodadi jalannya selalu bergelombang karena tanah yang dinamis," kata Jokowi seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (23/1).

Oleh sebab itu, ia memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membeton jalan tersebut. Jokowi mengatakan meski ongkos membeton lebih mahal, namun daya tahan jalan bisa lebih panjang.

"Pembangunannya tidak diaspal, tapi dibeton," kata Jokowi.

Jokowi sebelumnya mengatakan pemerintah telah menyiapkan dana Rp 14,6 triliun untuk memperbaiki jalan pada 2023. Dari angka tersebut, sebanyak Rp 1,3 triliun digunakan untuk memperbaiki 40 ruas jalan di Jawa Tengah.

"Sehingga kita membangun ini dengan biaya jauh lebih besar," kata Presiden di Desa Ngandul, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Selasa (22/1) dikutip dari Antara.

Tahun ini, Jokowi menyiapkan Rp 15 triliun untuk perbaikan yang diatur dalam Inpres Jalan Daerah (IJD). Meski demikian, realisasinya masih dalam proses perencanaan.

Presiden hari ini juga meresmikan perbaikan jalan antara Kabupaten Grobogan hingga Kabupaten Blora. Beberapa agenda ini merupakan bagian dari blusukan Jokowi di Jateng sejak Senin (22/1).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...