Survei Terbaru Dukungan Gen Z - Milenial untuk Anies, Prabowo, Ganjar

Yuliawati
Oleh Yuliawati
24 Januari 2024, 16:30
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) berbincang dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) serta capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) berbincang dengan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) serta capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menghadiri Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).
Button AI Summarize

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden menjelang satu bulan pencoblosan pilpres masih dinamis. Salah satu yang menjadi perhatian dukungan suara anak muda baik dari generasi Z atau Gen Z dan milenial kepada para paslon.

Beberapa survei terbaru tingkat nasional merekam arah suara Gen Z dan milenial untuk pasangan capres cawapres baik untuk Anies Baswedan-Muhaimin, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pemilih dari kalangan Gen Z dan milenial ini menjadi mayoritas di Pilpres 2024. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024 didominasi oleh kelompok generasi milenial (kelahiran 1980 – 1994) sebanyak 66,8 juta pemilih (33,0 persen) dan Gen Z (kelahiran 1995 – 2000) sebanyak 46,8 juta pemilih (22,8 persen). Total kedua generasi porsinya 56,4 persen suara.

Berikut hasil beberapa survei terbaru yang merekam suara dukungan Gen Z dan milenial:

1. Survei Terbaru Gen Z dan Milenial dari Lembaga Survei Indonesia atau LSI

Berdasarkan hasil survei terbaru LSI, elektabilitas capres-cawapres pasangan Prabowo-Gibran di kalangan Gen Z dan milenial menunjukkan hasil tertinggi.

Ini berdasarkan survei periode 10–11 Januari 2024 yang melibatkan 1.206 responden lewat wawancara via telepon. Metodologi survei menggunakan metode acak Double Sampling dengan margin of error diperkirakan ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Berikut rinciannya:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...