Tanggapan dari Istana soal Kabar Mahfud akan Mundur Hari Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Januari 2024, 15:15
Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) usai Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) usai Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Beredar kabar Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bakal menyerahkan surat pengunduran diri dari kabinet pemerintahan Jokowi pada hari ini. Namun, kabar itu dibantah istana.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan belum menerima surat permohonan pengunduran diri Mahfud. "Sampai saat ini (Jumat siang), kami belum menerima surat pengunduran diri Prof. Mahfud Md. sebagai Menkopolhukam," kata Pratikno melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (26/1).

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional atau TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan, Mahfud MD dipastikan mundur dari jabatan menteri. Namun, Andi tidak menyebut secara pasti kapan waktunya Mahfud MD menyatakan mundur dari kabinet Indonesia Maju atau pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi.

"Pak Mahfud sudah pernah menjelaskan kepada kami mengapa beliau belum mundur karena ada hal-hal di Kemenko Polhukam yang sifatnya strategis," kata Andi, Kamis (25/1).

Mahfud yang merupakan calon wakil presiden nomor urut 3, menyatakan akan mengundurkan diri dari posisi menteri pertama kali pada Selasa (23/1).

Andi menyatakan akan ada penjelasan mengapa Mahfud belum mundur. "Yang membuat Pak Mahfud harus tetap mengawal itu terutama ada dua hal strategis yang Pak Mahfud kawal sehingga Pak Mahfud memutuskan belum mundur," tambah dia.

Andi menyatakan Mahfud menyiapkan proses transisi di Kemenko Polhukam sebelum mundur. Sehingga, prosesnya akan berjalan baik. "Tinggal sekarang bagaimana menyiapkan transisi di Kemenko Polhukam lalu kemudian menyampaikannya ke Bapak Presiden dengan ketatanegaraan dan tata krama yang sepantasnya itu saja yang disiapkan," kata dia. 

Presiden RI Joko Widodo sejak pagi berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...