Ganjar Pranowo di Hajatan Rakyat: Indonesia Tidak Baik-baik Saja

Image title
4 Februari 2024, 14:09
Ganjar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melambaikan tangannya ke arah relawan dan simpatisan saat kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2/2024).
Button AI Summarize

Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menggelar kampanye akbar bertajuk 'Harapan Jutaan Rakyat' atau 'Hajatan Rakyat', pada Sabtu (3/2) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Dalam kampanye akbar tersebut, berkumpul ribuan orang pendukung dan warga yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), serta luar daerah.

TPN Ganjar-Mahfud memperkirakan sekitar 150.000 kader partai, sukarelawan, dan simpatisan hadir, meski tak seluruhnya dapat memasuki stadion. Hingga kampanye akbar tersebut usai, ribuan orang memadati area di sekitar GBK.

Kampanye akbar Ganjar-Mahfud dihadiri sejumlah petinggi partai politik dari koalisi pendukung, dan para tokoh politik. Beberapa tokoh yang hadir, antara lain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Kemudian, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Salahuddin Uno, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Konser Salam Metal Ganjar-Mahfud
Konser Salam Metal Ganjar-Mahfud (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.)

Kampanye Akbar Diawali Salawat Badar dan Konser Musik 'Menang Total'

Menjelang sore Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo datang dengan mengendarai motor. Ia mengenakan jaket kulit dan helm khas pengendara motor, dan tampak dikawal oleh sejumlah relawan yang ikut serta dalam konvoi.

Kedatangannya disambut sorak sorai serta teriakan antusias dari para pendukungnya. Usai menyapa singkat para pendukungnya, Ganjar kemudian segera menuju ruang VVIP untuk bergabung bersama Cawapres Mahfud MD, termasuk para petinggi partai politik dari koalisi pendukung dan tokoh politik lainnya.

Kampanye akbar bertajuk 'Hajatan Rakyat' ini diawali dengan Salawat Badar sekitar pukul 16.00 WIB, yang sebelumnya didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, lantunan doa disampaikan, dan pendakwah mengajak para simpatisan Ganjar-Mahfud melantunkan salawat badar.

Lalu, Megawati memukul kentongan sebagai simbol kewaspadaan nasional terhadap politik uang dan intimidasi di masa Pemilu 2024. Dalam pidatonya, Ketua Umum PDIP tersebut mengajak rakyat Indonesia untuk mewujudkan Pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat. Ia juga menyerukan pentingnya kewaspadaan melawan berbagai bentuk politik uang dan intimidasi.

Setelah itu, para pendukung dan simpatisan disuguhi konser bertajuk 'Menang Total' atau 'Metal'. Dalam konser ini, sejumlah musisi Tanah Air tampil memeriahkan kampanye akabr. Beberapa musisi tersebut, antara lain Slank, Kotak, Tipe-X, Pas Band, The Virgin, Deadsquad hingga Younglex. Dalam konser tersebut, Ganjar terlihat ikut tampil bernyanyi bersama Slank.

Orasi Ganjar di Kampanye Akbar 'Hajatan Rakyat'

Ilustrasi, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.
Ilustrasi, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (ANTARA/Rio Feisal)

Setelah dimeriahkan dengan konser musik, kampanye akbar memasuki acara inti, yakni orasi dari Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Dalam kapanye hari ke-68 tersebut, ada sejumlah poin penting yang ia sampaikan kepada para pendukung dan simpatisannya.

1. Indonesia Tidak Baik-baik Saja

Ganjar mengungkapkan, bahwa ia dan Mahfud Md telah mengunjungi sebanyak 315 titik lokasi selama masa kampanye Pilpres 2024. Ia mengatakan bahwa kegiatannya menyerap aspirasi masyarakat dilakukan melalui beragam cara, seperti tidur di rumah warga hingga masuk ke pasar-pasar.

"Pak Mahfud bersama saya berkeliling seluruh Indonesia. Untuk apa? Untuk lebih mendengarkan aspirasi masyarakat," kata Ganjar, dilansir dari Antara.

Dari kunjungan yang telah ia lakukan bersama dengan Mahfud MD di 315 titik di seluruh Indonesia, Ganjar menyebutkan bahwa Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...