Puncak Musim Hujan, Ini Beberapa Titik Banjir Jakarta

Image title
6 Februari 2024, 13:45
banjir
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, sejumlah warga beraktivitas saat banjir.
Button AI Summarize

Masalah banjir DKI Jakarta masih belum terselesaikan. Terbukti, saat hujan deras mengguyur Ibu Kota pada Senin (5/2) sore, beberapa wilayah langsung tergenang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan, sebanyak 13 RT terendam banjir akibat hujan yang mendera sejak siang.

Mengatasi banjir tersebut, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Selain itu, koordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat, juga dilakukan untuk melakukan penyedotan genangan, serta memastikan tali-tali air di wilayah Jakarta berfungsi dengan baik.

Titik Banjir DKI Jakarta

BANJIR JAKARTA TIMUR
BANJIR JAKARTA TIMUR (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Adapun, ke-13 titik banjir yang terjadi pada Senin (5/2) tersebut, tersebar di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, dengan perincian sebagai berikut:

1. Jakarta Barat

Titik banjir di wilayah Jakarta Barat tercatat sebanyak lima RT yang tersebar di tiga Kelurahan, antara lain:

  • Kelurahan Kelapa Dua

    Jumlah: 2 RT
    Ketinggian: 60 cm
  • Kelurahan Sukabumi Selatan

    Jumlah: 2 RT
    Ketinggian: 160 cm
  • Kelurahan Sukabumi Utara

    Jumlah: 1 RT
    Ketinggian: 30 cm

2. Jakarta Selatan

Di wilayah Jakarta Selatan, titik banjir Jakarta tercatat sebanyak delapan RT yang tersebar di dua kelurahan, antara lain:

  • Kelurahan Tegal Parang

    Jumlah: 7 RT
    Ketinggian: 80 cm
  • Kelurahan Pancoran

    Jumlah: 1 RT
    Ketinggian: 50 cm

Meski masih tergolong tinggi, namun titik banjir di DKI Jakarta awal pekan ini masih lebih rendah dibandingkan yang terjadi saat hujan besar pertengahan pekan lalu, yakni pada Rabu (31/1), saat hujan deras mengguyur Jakarta sejak pagi.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dan dipublikasikan dalam portal Jakarta Satu, titik banjir Jakarta pada Sabtu (3/2) tercatat hanya dua RT pada pukul 06.00 WIB, dengan cepat naik menjadi 17 RT pada pukul 09.00 WIB.

Jumlah titik banjir kemudian naik drastis menjadi 36 RT pada pukul 13.00 WIB, sebelum berangsur-angsur turun seiring dengan redanya hujan. Pada pukul 21.00 WIB, titik banjir Jakarta tercatat hanya menyisakan dua RT.

Banjir Jakarta
Banjir Jakarta (Katadata/Sorta Tobing)

Penyebab Seringnya Jakarta Mengalami Banjir

Secara geografis, DKI Jakarta adalah dataran rendah yang berada di antara hulu sungai dan pesisir. Penyebab banjir Jakarta sendiri terdiri dari tiga.

Pertama, hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi dalam durasi yang lama di wilayah Jakarta akan mengisi salurah-saluran air dan daerah cekung. Jika tidak tertampung, air akan meluap hingga menyebabkan banjir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...