Kelakar Puan di Paripurna Terakhir DPR Jelang Pemilu: Semoga Terpilih

Ade Rosman
6 Februari 2024, 14:52
Rapat paripurna DPR
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wpa.
Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidatonya dalam rapat paripurna penutupan masa persidangan II tahun sidang 2023-2024 di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/12/2023).
Button AI Summarize

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani menyampaikan harapannya supaya para anggota DPR yang hadir di rapat paripurna terakhir bisa terpilih kembali. Hal itu disampaikan Puan dalam rapat penutupan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (6/1). 

"Semoga kita semua terpilih kembali, amin," kata Puan disambut tepuk tangan anggota DPR yang hadir dalam rapat tersebut.

Dalam pidatonya, mulanya Puan menyinggung soal pencoblosan yang tinggal delapan hari lagi akan dilaksanakan di Indonesia. Ia mengatakan, kampanye pun telah dilakukan sejak 28 November 2023 hingga saat ini.

"Baliho, spanduk umbul-umbul dan lain sebagainya terpasang di setiap tempat ada yang dipaku pada pohon-pohon, bergantungan pada pagar-pagar jalan bahkan ada yang sampai pagarnya roboh," kata Puan.

Lebih jauh, Puan menyebut berbagai cara pun telah dilakukan para calon untuk membangun citra di mata masyarakat. Upaya itu menurut Puan tak lepas dari keinginan untuk meyakinkan pemilih. 

"Ada yang gambar kartun, gambar animasi, foto diri masih muda, dan berbagai citra diri zaman now. Berbagai bentuk sosialisasi dangdutan, pewayangan layar tancap, pasar murah dan lain sebagainya," kata Puan. 

Menurut dia, seluruh anggota DPR RI pun turut larut dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut, dengan ramai-ramai menarik perhatian rakyat agar dipilih. "Segala upaya campur tangan, buah tangan, telah dilakukan. Tinggal garis tangan," katanya.

Puan mengatakan masa reses anggota DPR hingga 4 Maret 2024 itu bertepatan dengan tahapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024, yang berlangsung pada 15 Februari hingga 20 Maret. Dia pun mengajak seluruh anggota DPR turut mencerdaskan kehidupan bangsa dalam pemilu.

Dalam rapat paripurna tersebut, sebanyak 291 dari 575 Anggota DPR dinyatakan hadir. Sebanyak 95 anggota dewan hadir secara fisik dan 196 lainnya menyatakan izin tidak hadir.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...