Top News: 10 Survei Capres Terbaru, Ahok Serang Kinerja Jokowi

Aryo Widhy Wicaksono
8 Februari 2024, 05:45
Capres-cawapres Anies - Muhaimin, Prabowo - Gibran, serta Ganjar - Mahfud saat penutupan Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Capres-cawapres Anies - Muhaimin, Prabowo - Gibran, serta Ganjar - Mahfud saat penutupan Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).
Button AI Summarize

Survei terbaru dari sejumlah lembaga menunjukkan dinamika elektabilitas calon presiden dan wakil presiden (capres - cawapres) pada pilpres 2024 masih terjadi. Persebaran suara masing-masing capres juga mengalami pergeseran tren.

Sepekan menjelang hari pencoblosan, umumnya survei menempatkan pasangan Prabowo - Gibran dengan elektabilitas tertinggi. Sementara pasangan Anies - Muhaimin serta Ganjar - Mahfud, memiliki tren yang berbeda-beda.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan sebanyak 204,8 warga telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Para pemilih akan memberikan hak suara pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

Hasil elektabilitas pasangan capres - cawapres menjadi salah satu artikel Top News Katadata.co.id. Selain itu, artikel terpopuler lainnya meliputi serangan Ahok kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta investasi ke pinjol Investree.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. 10 Survei Capres Terbaru Jelang Pilpres, Anies Prabowo Ganjar Bersaing

Survei terbaru yang dirilis sejumlah lembaga menunjukkan dinamika elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden di pemilihan presiden atau pilpres 2024 terus berubah. Persebaran suara yang diraih masing-masing capres juga mengalami pergeseran tren.

Komisi Pemilihan Umum sebelumnya telah mengumumkan untuk pemilu 2024 sebanyak 204,8 penduduk masuk dalam daftar pemilih tetap atau DPT. Para pemilih akan memberikan hak suara pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

Pemilih akan menentukan pilihan capres - cawapres dan caleg yang akan duduk di legislatif. Adapun untuk pilpres KPU menetapkan tiga pasangan calon yaitu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Menjelang pilpres masing-masing tim sukses yakin akan meraup kemenangan. Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid optimistis Ganjar - Mahfud memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Adapun Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie, mengaku tidak mengkhawatirkan elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran jelang pemilu.

Terlebih setelah adanya keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menyatakan Ketua KPU Hasyim Asy’ari melanggar etik saat menerima pencalonan Gibran sebagai cawapres.

Sementara Anies dan Muhaimin menilai dukungan yang terus mengalir dari publik menjadi penyemangat mereka untuk menang di pilpres. Berdasarkan sambutan publik saat kampanye berkeliling berbagai daerah Anies merasa dukungan masyarakat terus bertambah.

2. Hasil Survei Capres Terbaru di Jawa Timur, Siapa Kuasai Lumbung Suara?

Peta elektabilitas capres kurang dari sepekan jelang pemilihan presiden atau pilpres masih dinamis. Merujuk hasil survei terbaru sejumlah lembaga perebutan suara terlihat ketat di sejumlah kantong suara termasuk di Jawa Timur.

Pada pilpres 2024 elektabilitas capres di Jawa Timur dinilai menjadi salah satu penentu dari peta suara secara nasional.

Hal itu lantaran Jawa Timur menjadi lumbung suara terbesar dengan total jumlah pemilih yang terdapat di Daftar Pemilih Tetap atau DPT mencapai 35,7 juta.

Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai angka 60,1%.

Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi mengatakan tren pergerakan elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur konsisten mengalami kenaikan sejak Juni 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...