Pengusaha Ritel Minta Relaksasi Harga Eceran Tertinggi Bahan Pokok

Image title
11 Februari 2024, 14:55
harga eceran tertinggi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nz
Ilustrasi, pPengunjung berbelanja di salah satu ritel di Jakarta, Jumat (8/9/2023).
Button AI Summarize

Para pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) meminta Pemerintah untuk merelaksasi harga eceran tertinggi atau HET, terkait bahan pokok seperti beras, gula dan minyak goreng.

Mengutip Antara, Aprindo menilai perubahan HET perlu dilakukan supaya pelaku usaha ritel dapat terus menyediakan bahan pokok. Ini diperlukan agar peritel memiliki kemampuan menyuplai demi mencegah kekosonganan atau kelangkaan di gerai-gerai ritel modern.

Apalagi, pada Februari 2024 ini para peritel mulai melakukan pembelian dari produsen untuk persiapan pasokan menyambut Ramadan dan Idul Fitri di gerai ritel.

"Kami memerlukan sikap Pemerintah dan pihak berwenang untuk merelaksasi aturan main HET yang ditetapkan. Sehingga, peritel dapat terus membeli, menyediakan dan menjual kebutuhan pokok bagi masyarakat," kata Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey, dikutip dari Antara, Minggu (11/2).

Selain relaksasi harga eceran tertinggi bahan pokok, Aprindo jua mengungkapkan keinginan adanya koordinasi dan komunikasi yang intensif antara kementerian/lembaga dengan para pelaku usaha di sektor hulu, yakni produsen, hingga peritel.

Menurut Roy, koordinasi diperlukan untuk menghadirkan kebijakan yang berorientasi pada urgensi demi mencapai solusi yang adaptif. Sehingga, permasalahan anomali harga bahan pokok dapat terkelola dan terkendali dengan baik.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...