Anies Temukan Surat Suara Rusak Saat Mencoblos di TPS

Amelia Yesidora
14 Februari 2024, 10:40
Anies
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menunjukkan jari yang telah dicelup tinta usai melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di TPS 60, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (14/2/2024)
Button AI Summarize

Calon presiden Anies Baswedan mencoblos di TPS 60 di Cilandak, DKI Jakarta. Bersama dengan keluarganya Anies menggunakan baju putih dan berjalan bersama ke TPS yang terletak di belakang rumahnya itu.  

Keluarga inti Anies bukanlah pemilih pertama di TPS tersebut. Ia justru menjadi pemilih terakhir dari keluarganya. Adiknya, Abdillah Rasyid Baswedan yang pertama mencoblos di TPS 60. 

Barulah nama anak sulung Anies, Mutiara Annisa Baswedan, dipanggil. Diikuti adiknya, Mikail Baswedan, kemudian istri Anies, Fery Farhati. Anies menutup rombongan pencoblosan ini. Mereka berempat mencoblos secara bersamaan di bilik suara berbeda.  

Sebelum mencoblos, Anies tampak membuka lipatan empat surat suara. Mulai dari presiden/wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD Provinsi. 

Anies menemukan surat suara DPRD Provinsi yang ia terima sobek. Ia pun mengembalikannya ke petugas TPS. 

Khusus saat membuka lipatan surat suara presiden/wakil presiden, ia maju ke depan TPS dan menunjukkan tidak ada kerusakan di surat suara itu. Ia kemudian mengacungkan jari telunjuknya. 

Anies dan keluarga selesai mencoblos sekitar pukul 08.36 WIB. Mereka semua kemudian mencelupkan jari telunjuk masing-masihg tanda sudah selesai mencoblos. 

Adapun anak kedua Anies, Kaisar Hamka Baswedan dan ibu Anies, Aliyah Rasyid tidak ikut mencoblos bersama di TPS 60. Kaisar mencoblos di TPSLN London karena sedang berkuliah.

Aliyah sendiri mencoblos pada siang hari, lantaran terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan. Ia awalnya terdaftar sebagai pemilih di Yogyakarta, namun dipindahkan ke Jakarta. 

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...