Ganjar-Mahfud Pergi dari Teuku Umar usai Melihat Hasil Quick Count

Nur Hana Putri Nabila
14 Februari 2024, 18:49
ganjar-mahfud, hitung cepat, quick count, pilpres 2024
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) didampingi istri Siti Atikoh (kiri) melambaikan tangan usai menyaksikan perhitungan cepat Pilpres 2024 di Posko Pemenangan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD langsung meninggalkan rumah Tim Pemenangan Nasional (TPN). Hasil hitung cepat suara yang dilakukan sejumlah lembaga menunjukan perolehan suara paslon ini paling kecil dibandingkan dua lainnya.

 “Pulang dulu, saya habis dari semarang lalu langsung kesini belum sempat pulang,” kata Ganjar kepada wartawan di Jalan Teuku Umar, Jakarta Selatan Rabu (14/2). 

Gantar tak menjelaskan, apakah akan pulang ke kediamannya di Semarang. Ia juga tak mengatakan terkait akan kembali lagi ke rumah pemenangan di Jalan Teuku Umar tersebut atau tidak. Tak hanya Ganjar, Mahfud MD juga pulang dari posko pemenanganya dengan kendaraan yang berbeda. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, capres dan cawapres tersebut pulang usai quick account menunjukkan suara yang  diperoleh paslon tersebut paling sedikit. Sejumlah lembaga survei mulai merilis hasil hitung cepat atau quick count pada pemilihan presiden 2024. 

Merujuk pasal 449 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, hasil hitung cepat dari lembaga survei sudah boleh dipublikasikan paling cepat dua jam setelah berakhirnya pelaksanaan pemilu untuk Waktu Indonesia Barat atau WIB. 

Hingga pukul 15.10 WIB, sejumlah lembaga survei mulai merilis hasil hitung cepat. Meski demikian, perhitungan ini belum ada yang mencapai 50% dari total keseluruhan data. 

Hitung cepat diambil dengan menggunakan metode random dengan melibatkan hasil perhitungan di TPS terpilih. Penggunaan hitung cepat diperbolehkan KPU meski tidak mencerminkan hasil akhir

Pilpres dan Pemilu 2024.  

Berikut rangkuman sejumlah hasil hitung cepat lembaga survei untuk pilpres 2024 diambil pukul 15.10 WIB.  

Hasil Sementara Quick Count Litbang Kompas 

Data Masuk 42,8% 

Anies - Muhaimin: 22,52% 

Prabowo - Gibran : 59,95% 

Ganjar - Mahfud: 17,52% 

Hasil Sementara Quick Count Lembaga Survei Indonesia 

Data masuk: 25% 

Anies - Muhaimin: 23,64% 

Prabowo - Gibran : 58,35% 

Ganjar - Mahfud: 18%  

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...