Hasil Quick Count 9 Lembaga: Prabowo Kuasai 58%, Bisa Menang 1 Putaran

Ira Guslina Sufa
14 Februari 2024, 18:47
Prabowo
Katadata/Lambok Hutabarat
Ilustrasi capres cawapres di Pilpres 2024
Button AI Summarize

Hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang dalam satu putaran di pemilihan presiden atau pilpres 2024. Menurut data quick count yang diambil pukul 18.30 WIB pasangan nomor urut 2 itu unggul dengan kisaran di angka 58%. 

Merujuk data terbaru, sembilan lembaga sudah mengantongi suara di atas 70%. Lingkaran Survei Indonesia bahkan telah mengantongi 92,5 % dari total sampel dengan kemenangan Prabowo - Gibran mencapai 58,31%. 

Berdasarkan hasil hitung cepat sementara, Prabowo - Gibran meraih suara di rentang 57% hingga 59%. Selanjutnya pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan suara di rentang 24% - 26%. Adapun pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD berada di urutan ketiga dengan suara di rentang 16% hingga 18 %. 

Direktur Poltracking Indonesia Hanta Yudha mengatakan hasil hitung cepat menunjukkan kemenangan untuk Prabowo - Gibran sulit dibantah. Meski masih harus menunggu hasil rekapitulasi manual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum ia menyebut besar peluang hasilnya akan sama. 

"Bisa dibilang hasilnya sudah terpampang. Prabowo - Gibran unggul di mayoritas daerah dengan suara di atas 50% dan dipastikan menang dalam satu putaran," ujar Hanta saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (14/2). 

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. Burhanuddin mengatakan persaingan cukup sengit hanya dialami Prabowo - Gibran di daerah Aceh, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Di luar tiga daerah itu menurut dia Prabowo - Gibran unggul jauh termasuk di Jawa Tengah. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...