Endus Dugaan Kecurangan Pemilu, PDIP Usul Pembentukan Tim Investigasi

Ade Rosman
14 Februari 2024, 20:23
pdip, pemilu 2024, ganjar,
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan) berbincang dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster (kedua kiri) usai deklarasi dukungan keluarga besar alumni angkatan muda Muhammadiyah Bali untuk Ganjar-Mahfud di Denpasar, Bali, Sabtu (4/11/2023).
Button AI Summarize

PDIP atau Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan berencana mengusulkan pembentukan tim investigasi buntut dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya mencermati segala desain dugaan kecurangan Pemilu yang bersifat hulu ke hilir. PDIP, Hanura, PPP, dan Perindo pun mengumpulkan fakta-fakta di lapangan.

“Oleh karena itu, kami akan mengusulkan kepada Tim Pemenangan Nasional atau TPN Ganjar - Mahfud membentuk tim khusus," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Rabu (14/2).

Tim tersebut terdiri dari tim hukum, pakar hukum, dan kelompok ahli hukum. PDIP juga mengusulkan investigasi forensik terkait seluruh proses Pemilu 2024.

"Tim khusus ini tentu saja akan menampung (informasi) dari pihak-pihak yang punya interest begitu besar dalam menjaga demokrasi Indonesia," katanya.

Menurut dia, berdasarkan sejumlah kritik dari beragam pihak dengan latar belakang yang berbeda menunjukkan situasi demokrasi Indonesia tidak baik-baik saja.

"Artinya memang ada persoalan yang sangat fundamental berkaitan dengan legitimasi Pemilu, baik itu proses maupun hasil," katanya.

Hasto menegaskan PDIP masih terus mencermati berbagai hasil quick count Pemilu 2024.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...