PDIP Mengaku Siap jadi Partai Oposisi, Ini Respons Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Februari 2024, 14:00
jokowi, pdip, oposisi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo menyapa penari pada pembukaan Indonesian International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan respons terhadap sikap PDIP yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi opsisi selama masa pemerintahan 2024-2029. Jokowi menyerahkan keputusan tersebut kepada pihak PDIP sendiri.

“Ya ditanyakan saja kepada beliau-beliau yang ada di PDI Perjuangan,” kata Jokowi usai meresmikan proyek Rumas Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Jendela Sudirman di Bintaro, Jakarta Selatan pada Senin (19/2). 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan partainya siap menjadi oposisi di luar pemerintahan. Ia mengatakan hal itu sebagai bentuk menjalankan tugas check and balance.

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud tersebut mengatakan berkaca pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi, kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi. 

Hasto mengatakan, berada di luar pemerintahan merupakan tugas patriotik. Tugas itu pernah dijalankan PDIP selama 10 tahun pasca Pemilu 2004 dan 2009.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...