Profil dan Harta AHY, Dulu Oposisi Kini Menteri Agraria Kabinet Jokowi

Ira Guslina Sufa
21 Februari 2024, 12:00
AHY
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (4/9).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang dilantik Jokowi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. 

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2). Meski begitu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan ayah AHY tidak hadir di istana negara. Pelantikan AHY dan Hadi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan hingga pembacaan sumpah. 

"Akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata AHY saat membacakan sumpah jabatan. 

Sehari sebelum pelantikan AHY sudah bertemu dengan SBY di di Cikeas, Jawa Barat. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ossy Darmawan mengatakan pada pertemuan tersebut, AHY meminta doa restu kepada SBY untuk menjalankan tugas baru sebagai Menteri ATR/BPN. 

"Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan," kata  Ossy lewat aplikasi pesan singkat WhatsApp pada Rabu (21/2). 

Selain bertemu SBY, AHY juga telah menjumpai calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto pada Selasa (20/2). Terlihat, Agus yang mengenakan batik berwarna biru menyalami Prabowo yang memakai baju safari berwarna cokelat muda. 

"Sebagai junior sekaligus anggota koalisi Bapak @prabowo, tentu saya perlu melaporkan amanah tersebut kepada beliau," kata AHY dalam akun Instagramnya, Rabu (21/2). 

Prabowo hadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Malang
Prabowo hadiri kampanye akbar Partai Demokrat di Malang (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.)

Rekam Jejak AHY di Politik, Pimpin Demokrat jadi Oposisi

Masuknya nama AHY di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Jokowi, menandakan berakhirnya posisi Demokrat sebagai partai oposisi pemerintah. Sejak Jokowi terpilih sebagai presiden pada 2014 menggantikan SBY, Demokrat selalu berada di luar pemerintahan dan mengkritik berbagai kebijakan Jokowi dari istana.  

Di Demokrat AHY menjadi ketua umum yang kelima. Ia menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono dan mulai menjabat sejak Maret 2020 secara aklamasi dalam Kongres V Demokrat di Jakarta. Selama menjabat ia diadang isu kudeta dari kubu Moeldoko yang menggelar Kongres Luar Biasa Demokrat pada 2021. Putusan pengadilan menganulir hasil KLB dan menetapkan AHY sebagai ketua umum definitif. 

Pada 2017 AHY pernah maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta bersama Sylviana Murni. Saat itu ia melawan Anies Baswedan yang berpasangan dengan Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat. Namun ia kalah di putaran pertama. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...