AHY Usai Jadi Menteri: Demokrat Hari Ini Resmi Kembali ke Pemerintahan

Ameidyo Daud Nasution
21 Februari 2024, 13:26
ahy, jokowi, menteri
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/Spt.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi sambutan saat safari politik di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/1/2024).
Button AI Summarize

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendeklarasikan diri bahwa Partai Demokrat resmi masuk ke dalam koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keputusan tersebut menyusul pelantikan AHY menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Demokrat secara resmi hari ini kembali ke pemerintahan. Mengakhiri semua perjalanan kami selama ini," kata AHY usai seremoni pelantikan di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu (21/2).

Status sebagai Menteri ATR/ Kepala BPN akan membuat AHY menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju. Ia akan menjabat hingga akhir Oktober tahun ini.

"Banyak yang mungkin belum menyadari, Partai Demokrat selama 9 tahun 4 bulan berada di luar pemerintahan," ujar AHY.

Pada momen tersebut, AHY menegaskan komitmen Demokrat untuk berkontribusi dalam upaya kemajuan bangsa dan negeri. Penyataan tersebut mengacu pada posisi Demokrat saat ini yang menjadi bagian dari partai anggota Koalisi Indonesia Maju sebagai pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo-Gibran saat ini masih berada di posisi teratas hasil hitung suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan perolehan 59,42 juta suara atau 58,75%. Capaian sementara ini mengungguli dua kontestan lain, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Bukan hanya 8 bulan terakhir, tetapi 5 tahun, 10 tahun berikutnya Insyaallah Demokrat akan selalu berkontribusi untuk kemajuan negeri," kata AHY. 

Partai Demokrat 10 tahun menjalankan pemerintahan pada 2004 hingga 2014. Saat itu, partai ini mengusung ayah AHY, Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi presiden selama dua periode.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...