Top News: Alasan Jokowi Pilih AHY, Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam

Aryo Widhy Wicaksono
22 Februari 2024, 05:30
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) menerima berita acara dari Hadi Tjahjanto di Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu (21/2/2024).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) menerima berita acara dari Hadi Tjahjanto di Gedung Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu (21/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agararia dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

AHY mengisi posisi Hadi Tjahjanto yang bergeser menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan AHY dan Hadi merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain mengenai pelantikan, ketahui juga profil dan harta kekayaan AHY serta Hadi Tjahjanto.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Jokowi Resmi Lantik AHY jadi Menteri ATR, Hadi jadi Menko Polhukam

Presiden Joko Widodo resmi melantik AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang dilantik Jokowi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Meski begitu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, yang merupakan ayah AHY, tidak hadir di istana negara. Pelantikan AHY dan Hadi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan hingga pembacaan sumpah.

"Akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata AHY saat membacakan sumpah jabatan.

2. Profil dan Harta AHY, Dulu Oposisi Kini Menteri Agraria Kabinet Jokowi

Masuknya nama AHY di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Jokowi, menandakan berakhirnya posisi Demokrat sebagai partai oposisi pemerintah.

Sejak Jokowi terpilih sebagai presiden pada 2014 menggantikan SBY, Demokrat selalu berada di luar pemerintahan dan mengkritik berbagai kebijakan Jokowi dari istana.

Di Demokrat AHY menjadi ketua umum yang kelima. Ia menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono dan mulai menjabat sejak Maret 2020 secara aklamasi dalam Kongres V Demokrat di Jakarta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...