Jokowi Resmikan Bendungan Lolak di Sulawesi Utara, AHY Hadir

Amelia Yesidora
23 Februari 2024, 13:03
ahy, jokowi, bendungan
Antara
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Lolak di Sulawesi Utara, Jumat (23/2). Foto: Antara.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara pada Jumat (23/2). Dalam kunjungannya ini, kepala negara bakal meresmikan Bendungan Lolak. Ia didampingi sejumlah menteri, salah satunya Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY

Jokowi tiba di Bendungan Lolak menggunakan Helikopter Super PUMA TNI AU bersama rombongan terbatas. Ada tiga helikopter yang merapat di helipad dekat bendungan.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan ini yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Ini merupakan kunjungan pertama AHY bersama Jokowi usai Partai Demokrat resmi bergabung dengan pemerintahan. AHY dilantik sebagai menteri pada Rabu (23/2). 

Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono
Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Sehari setelah pelantikan, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu langsung melaksanakan kunjungan kerja perdana di Sulawesi Utara, sehari setelah pelantikan. Di sana, ia menyerahkan 105 sertifikat tanah kepada masyarakat dan sertifikat rumah ibadah buat GMIM Anugerah Tingkulu, Manado.

Sedangkan Jokowi sejak kemarin telah blusukan di Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana, ia meresmikan SPAL-DT Losari serta 27 ruas jalan daerah. Jokowi juga meresmikan pelabuhan baru, Makassar New Port yang diharapkan memberi efek daya saing produk Indonesia Timur. 

Melansir laman Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas atau KPPIP, Bendungan Lolak adalah salah satu Proyek Strategis Nasional alias PSN. Bendungan berkapasitas 16,1 juta meter kubik ini dibangun dengan anggaran Rp 830 miliar sejak 2015. Rencana operasi sendiri molor dari 2022 menjadi 2024, menurut catatan KPPIP. 

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...