Daftar Caleg Banten Potensi Lolos DPR, Diisi Wajah Baru Termasuk Airin

Ira Guslina Sufa
24 Februari 2024, 12:40
DPR
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nym.
Warga menunjukkan jarinya yang sudah dicelup tinta usai menggunakan hak pilihnya di TPS 74 saat pemungutan suara susulan Pemilu 2024 di Pondok Maharta, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/2/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melanjutkan proses rekapitulasi perhitungan suara dari setiap tempat pemungutan suara (TPS). Berdasarkan hasil perhitungan sementara atau real count KPU, untuk daerah Banten jumlah data yang masuk sudah mencapai 55,71%. 

Merujuk hasil Sistem Informasi Rekapitulasi Suara atau Sirekap yang dipotret pada Sabtu (24/2) pukul 12.00 WIB, suara tertinggi dikantongi Partai Golkar dengan 12% suara. Meski begitu perolehan suara Golkar tidak berbeda jauh dengan Partai Kebangkitan Bangsa (11,89%), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (11,39%). 

Di urutan keempat dan kelima ada Partai Demokrat dengan 10,85% dan Partai Gerindra dengan 10,37% suara. Partai lain yang mendapat suara di atas 4% adalah Partai Keadilan Sejahtera (9,15%), Partai Amanat Nasional (8,65%), Partai Nasional Demokrat (8,45%), dan Partai Persatuan Pembangunan (5,5%). 

Pada pemilu 2024, wilayah Banten memperoleh jatah 22 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat yang tersebar di 3 daerah pemilihan atau dapil. Kursi terbanyak ada di dapil 3 dengan 10 kursi yang terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Adapun Dapil 1 dan 2 masing-masing terdiri dari 6 kursi. 

Merujuk hasil Sirekap KPU, raihan suara yang diterima oleh calon legislatif di Banten cukup tersebar. Tiga caleg yang mendapat suara cukup dominan yaitu Rizki Aulia Rahman Natakusumah dari Partai Demokrat dengan suara 63.226. Saat ini Rizki merupakan anggota DPR petahana dari partai yang sama. 

Nama lain di Banten I yang meraih suara dominan adalah Ahmad Fauzi dari Partai Kebangkitan Bangsa yang maju dari dapil Banten 1.  Di dapil Banten 1, Ahmad Fauzi yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Banten sekaligus anggota DPRD ini meraih suara lebih dari 52 ribu. 

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...