Menteri Agama Larang Umrah Mandiri dengan Visa Turis

Ferrika Lukmana Sari
25 Februari 2024, 13:34
Umrah
Pexels
Ka'bah merupakan tempat suci bagi umat Islam yang berada di dekat pusat Masjid Agung di Mekkah, Arab Saudi.
Button AI Summarize

Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk melarang umrah mandiri demi alasan kesehatan dan keselamatan umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Biasanya, umrah mandiri ini menggunakan visa turis.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, bahwa perjalanan umrah berbeda dengan perjalanan wisata lainnya, karena melibatkan aturan-aturan peribadatan yang harus dipatuhi.

“Kalau kita ke luar negeri bisa sendiri. Kemana? Ke Eropa, Jepang, Amerika, kemana pun kita bisa lakukan sendiri, karena tidak ada aturan-aturan dalam melakukan perjalanan itu, tapi umrah berbeda. Ada aturan peribadatan yang harus dipenuhi,” kata Yaqut dikutip dari Antara, Minggu (25/2).

Menurut Yaqut, tidak semua umat memahami aturan-aturan tersebut, sehingga diperlukan bimbingan dan bantuan dalam melaksanakan ibadah umrah.

Selain itu, ada banyak aspek praktis yang juga perlu dipertimbangkan, seperti pemesanan hotel dan makanan yang mungkin memiliki perbedaan dengan budaya kuliner Indonesia.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan pengalaman yang kurang memuaskan bagi para jamaah yang tidak terbiasa dengan lingkungan dan tata cara di negara-negara tujuan umrah.

“Tidak semua umat kita paham dengan semua itu, maka dibutuhkan pembimbing. Siapa yang membimbing mereka dalam melaksanakan ibadah umrah?," kata dia.

Bantuan dari Biro Perjalanan Umrah

Oleh karena itu, pemerintah menginginkan agar jamaah umrah mendapatkan bantuan dan panduan yang memadai dari biro perjalanan umrah yang profesional. Dengan demikian, diharapkan setiap jamaah dapat melaksanakan ibadah umrah dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Yaqut berharap, larangan terhadap umrah backpacker dapat meminimalkan risiko dan memastikan keselamatan serta kenyamanan bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah umrah.

“Banyak hal yang jadi pertimbangan pemerintah, kenapa? sebaiknya memang umrah backpacker itu dihindari. Jadi ada biro-biro umroh travel perjalanan ibadah umrah yang akan siap membantu umat untuk bisa menjalankan umrah dengan baik,” kata Yaqut. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...